Heboh Foto Y-20 Kunpeng Lakukan Air Refueling dengan Jet Tempur J-20, Bagian dari Propaganda?

Bagi Cina, keberadaan pesawat angkut berat Xian Y-20 Kunpeng adalah suatu kebanggaan dalam pencapaian dunia dirgantara. Meski kerap disebut sebagai ‘jiplakan’ dari C-17 Globemaster, namun faktanya, Y-20 telah mengudara dengan sukses dan telah dioperasikan secara penuh oleh AU Cina, termasuk Y-20 turut memeriahkan “Victory Day” yang dihelat di Moskow pada bulan Juni lalu. Dan belum ada ini ada kabar anyar seputar pesawat yang digadang mampu membawa payload 66 ton tersebut.

Baca juga: Meriahkan “Victory Day”, Cina Kirim Pesawat Angkut Berat Y-20 Kunpeng ke Moskow

Selain dirancang sebagai pesawat angkut (kargo militer), Y-20 Kunpeng sedari awal juga telah dirancang untuk dikembangkan sebagai varian tanker udara. GlobalTimes.cn, portal media online yang berbasis di Cina itu menyebut, bahwa pengembangan Y-20 varian tanker kini tengah memasuki tahap akhir.

Namun bukan itu poinnya, netizen global dibuat heboh dengan tampilan foto (capture dari video) yang kadung tersebar di media sosial, dimana memperlihatkan Y-20 varian tanker tengah mempersiapkan proses air refueling dengan jet tempur stealth Chengdu J-20.

Kombinasi Y-20 sebagai pesawat tanker dengan jet tempur J-20 serta pembom strategis H-6N dipercaya analis pertahanan sebagai bentuk sinergi kekuatan udara Cina, dimana jangkauan operasional dari kedua unsur tempur andalan Cina dapat terdongkrak. Merespon beredarnya foto Y-20 yang tengah melakukan air refueling dengan J-20, beberapa analis pertahanan menyangsikan keaslian foto tersebut, dan memang sejauh ini belum ada konfirmasi dari otoritas militer Cina atas tersebarnya foto yang dimaksud.

Foto Y-20 tanker dengan J-20 yang tengah akan air refueling pertama kali dipublikasikan oleh Ordnance Industry Science Technology, sebuah majalah pertahanan yang berbasis di Xi’an, Provinsi Shaanxi. Jika konten foto benar adanya, itu akan menjadi penampakan pertama Y-20 varian tanker yang melakukan pengisian bahan bakar udara untuk jet tempur J-20.

Dilihat dari foto, Y-20 menggunakan sistem pengisian bahan bakar dengan teknik boom, serupa dengan yang digunakan pada air refueling di jet tempur F-16 Fighting Falcon, namun yang disangsikan oleh para analis, Cina diduga belum menguasai teknik produksi air refueling dengan model boom. Beberapa foto yang memperlihatkan J-20 tengah menjalankan air refueling boom diduga kuat hanya hasil editan.

Baca juga: Rilis Varian Chengdu J-20 Tandem Seat, Cina Klaim Sebagai yang Pertama di Kelas Jet Tempur Stealth

J-20 dengan retractable probe

Penempur J-20 memang sudah dibekali fitur air refueling, persisnya mengadopsi teknologi retractable probe, serupa dengan yang digunakan pada Eurofighter Typhoon dan Sukhoi Su-30. Dengan retractable probe maka sistem pengisian bahan bakar mengacu pada teknik hose. (Bayu Pamungkas)

11 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *