Gantikan Teknologi Israel, AD Turki Terima Unit Perdana MBT M60T dengan Komponen Lokal

Selain Main Battle Tank (MBT) Altay dan Leopard 2A4, Angkatan Darat Turki juga mengoperasikan ratusan MBT ‘lapis kedua’ dari generasi yang lebih tua, seperti Leopard 1 dan M60 Patton. Yang disebut terakhir jumlahnya terbilang sangat besar, lebih dari 700 unit M60 Patton dan telah menjalani serangkaian upgrade karena usia penggunaan yang terbilang panjang oleh militer Turki.

Baca juga: Taiwan Repowering M60A3 Patton – Main Battle Tank Lawas yang Legendaris

Salah satu varian M60 Turki adalah M60T (Sabra) yang telah mendapatkan upgrade oleh IMI Systems (d/h Israel Military Industries) dan dioperasikan sejak tahun 2007. Lantaran saat ini industri pertahanan Turki mampu menopang kebutuhan domestik, maka upgrade lanjutan M60T saat ini sudah ditangani langsung oleh perusahaan nasional Turki.

Seperti belum lama ini, Angkatan Darat Turki menerima unit perdana MBT M60T yang dimodernisasi dengan komponen lokal. Hal ini menandai salah satu tahap awal keberhasilan proyek yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan M60T oleh Defense Industry Presidency.

Untuk memenuhi permintaan Angkatan Darat Turki, pada pertengahan tahun 2022, Aselsan dan SSB ( Savunma Sanayii Başkanlığı/Defence Industry Agency) menandatangani kontrak untuk mengganti teknologi asing yang ada pada tank M60T dengan mengutamakan komponen yang dibuat di dalam negeri.

Hasilnya, produksi massal sistem pengendalian tembakan Volkan-M dimulai, termasuk pembuatan sistem informasi tempur untuk pengendalian tank. Selain itu, sistem proteksi lapis baja tambahan dan tempat duduk kru juga diproduksi di dalam negeri.

Masuk dalam lerangka proyek TİYK-M60T (menggunakan basis M60 A3) dilakukan integrasi sistem buatan lokal ke dalam M60T. Di bawah payung proyek yang komprehensif, tidak hanya Aselsan tetapi juga Roketsan, dengan bantuan perusahaan T-Kalıp, terlibat dalam produksi dan pengembangan perlindungan lapis baja tambahan pada M60T dan pengaturan tempat duduk awak.

Hingga saat ini, Komando Angkatan Darat dengan bangga telah mengintegrasikan dua tank M60T yang telah di-upgrade ke dalam proyek perluasan persenjataan mereka. Proyek ini, pada tahap selanjutnya, bertujuan untuk memfasilitasi penggabungan sistem domestik ke dalam tank M60T tambahan yang disimpan dalam inventaris Komando Angkatan Darat Turki.

M60T, yang juga dikenal sebagai “Sabra,” adalah varian M60 yang telah ditingkatkan oleh Turki untuk meningkatkan kinerja dan kemampuannya dalam medan pertempuran modern. M60T dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Turki, Aselsan, dan Israel Military Industries (IMI). Proyek ini dimulai pada awal 2000-an dengan tujuan meningkatkan kemampuan tempur tank M60 Patton yang telah dimiliki oleh Angkatan Darat Turki.

M60T mengalami berbagai peningkatan dan modifikasi untuk meningkatkan kemampuannya di medan pertempuran modern. Ini termasuk perubahan pada sistem persenjataan, perlindungan, dan sistem elektronik.

Persenjataan utamanya adalah meriam M60A1 120mm, yang merupakan peningkatan signifikan dari meriam 105mm pada varian M60 Patton sebelumnya. Meriam ini mampu menembakkan berbagai jenis amunisi, termasuk sabot anti-tank dan peluru ledak tinggi.

M60T ditingkatkan dengan perlindungan tambahan, termasuk pemasangan Explosive Reactive Armour (ERA) untuk meningkatkan kemampuan melawan ancaman seperti proyektil anti-tank benturan atau rudal anti-tank.

M60T dilengkapi dengan sistem komunikasi dan navigasi yang canggih, serta sistem penglihatan termal untuk kru tank. Ini memungkinkan kru untuk mengidentifikasi dan menghadapi ancaman dengan lebih efektif, terutama dalam kondisi penglihatan terbatas.

M60T telah digunakan dalam berbagai operasi militer di Irak, Suriah dan konflik Kurdi. M60T merupakan contoh yang baik dari bagaimana varian tank dapat ditingkatkan dan dimodifikasi untuk tetap relevan dalam medan pertempuran modern. Dengan berbagai peningkatan dalam persenjataan, perlindungan, dan sistem elektronik, M60T memungkinkan Angkatan Darat Turki untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan tempur mereka dengan menggunakan platform yang sudah ada. (Gilang Perdana)

Langsung Terjun di Medan Tempur Suriah, Turki Luncurkan MBT M60TM dengan PULAT Active Protection System