Gantikan AIM-9 Sidewinder dan AIM-120 AMRAAM, Turki Punya Rudal Gokdogan dan Bozgodan

Meski hubungannya dengan Amerika Serikat belakangan sedang tak akur, namun berstatus sebagai anggota NATO, Turki memiliki arsenal persenjataan yang modern dan terdepan di lini peperangan udara, bicara rudal udara ke udara seperti AIM-9 Sidewinder dan AIM-120 AMRAAM, tentulah dimiliki dalam jumlah cukup oleh Negeri Ottoman. Namun, rupanya Turki sejak 2013 telah mempersiapkan dua jenis rudal udara ke udara untuk menggantikan Sidewinder dan AMRAAM.

Baca juga: ‘Timbun’ Suku Cadang F-16, Turki Siap Terima Gelombang Pertama Rudal Hanud S-400

Ada dua jenis rudal udara ke udara yang dikembangkan oleh Tubitak SAGE (Defence Industry Research and Development Institute), yaitu Gokdogan (Peregrin) yang digadang sebagai pengganti AIM-9 Sidewinder dan Bozgodan (Merlin) sebagai pengganti AIM-120 AMRAAM (Advanced Medium-Range Air-to-Air Missile). Kedua rudal tersebut dipersiapkan Turki untuk dapat dipasang pada armada F-16 C/D.

Seperti halnya Sidewinder, Gokdogan dirancang mampu melesat dengan manuver tinggi, rudal jarak pendek ini mengandalkan teknologi pemandu high resolution dual color Imaging Infrared Seeker dan dibekali fitur advanced counter measures. Bicara jarak jangkau, Gokdogan dapat menguber sasaran hingga 30 km.

Rudal Bozgodan

Sedangkan Bozgodan adalah rudal dengan kemampuan beyond visual medium range yang menyasar sasaran dibalik cakrawala. Menggunakan pemandu active radar seeker dan advanced counter measures, Bozgodan dapat melesat sejauh 65 km.

Rudal Gokdogan

Kedua rudal dengan kecepatan Mach 3 -4 ini, pertama kali diperkenalkan dalam wujud mockup saat IDEF 2017 di Istanbul. Dikutip dari dailysabah.com (10/1/2020), disebutkan kedua rudal telah menuntaskan segala tahapan uji coba. Uji coba awal kedua rudal dilakukan dengan penembakan secara balistik dari darat.

Rangkaian uji coba dilakukan untuk mengukur kinerja mesin roket tanpa panduan guna mengetahui kemampuan menghancurkan target. Tahapan uji coba dituntaskan di wilayah Laut Hitam. (Bayu Pamungkas)

11 Comments