Seputar DSEI 2019Klik di Atas

Gama Safe: Pelampung Canggih untuk Misi SAR dan Infiltrasi Senyap

img_0440

Ditengah membanjirnya produk perlengkapan militer dari luar negeri, hadirnya inovasi dari Dalam Negeri seolah menjadi oase yang menyegarkan bagi kebangkitan industri pertahanan di Tanah Air. Seperti salah satunya diperlihatkan PT Stechoq Robotika Indonesia dalam ajang Indo Defence 2016, perusahaan periset, pengembang dan manufaktur robot dari Yogyakarta ini merilis Gama Safe, yakni pelampung dengan remote control yang dapat difungsikan untuk kebutuhan militer dan sipil.

Baca juga: Savinna – Prototipe Drone Laut Karya Mahasiswa UGM

Berdasarkan fungsinya, untuk menunjang misi militer, Gama Safe dirancang sebagai alat pendarat pasukan amfibi, semisal dari kapal di tengah laut menuju pantai atau daratan secara cepat dan senyap. Untuk melaju di permukaan, pelampung canggih ini dikendalikan secara remote dengan jarak jangkau sinyal hingga 2 km. Sebagai sumber pasokan tenaga, Gama Safe dibekali baterai jenis Lithium Polymer yang bisa diisi ulang (recharge). Proses isi ulang baterai berkisar 1 jam sampai tenaga terusi penuh.

2

Baca juga: USV SAM-3 – Drone Laut Penyapu Ranjau Yang Battle Proven

1

Pada ujung sisi Gama Safe terdapat dua propeller yang digerakkan motor underwater dengan kekuatan 24 volt 5 ampere. Secara spesifikasi, Gama Safe dengan payload 100 kg sanggup melaju hingga kecepatan maksimum 35 km per jam, serta endurance selama 1 jam. Menyadari perannya untuk membantu pergerakan pasukan menuju pantai, Gama Safe dirancang mampu melawan ombak setinggi tiga meter.

Baca juga: Bullray UAS – Drone Copter Amfibi dengan Kemampuan Tembak Sasaran

gama-safe-with-water-174

gama-safe-with-water-172

“Selain dirancang untuk misi militer yang senyap, Gama Safe juga sesuai untuk mendukung misi SAR, membawa jenazah di laut, hingga ideal untuk kebutuhan wisata penyelaman,” ujar Malik Khidir, CEO PT Stechoq Robotika Indonesia kepada Indomiliter.com. khusus untuk membawa jenazah di tengah laut, Gama Safe dapat dilengkapi tali pengikat, sehingga jenazah yang mengapung mudah untuk diangkut.

Baca juga: DSAR 6 MV Swift Rescue – Kapal Selam Penyelamat, Spesialis Laut Dalam

Gama Safe yang dibuat dari material fiber telah ditawarkan untuk umum, dengan harga per unit dibandrol Rp50 juta sudah termasuk pajak. Mengingat fungsinya yang multirole, rasanya Gama Safe ideal untuk digunakan oleh tim BASARNAS dan pasukan Intai Amfibi. (Haryo Adjie)

Spesifikasi Gama Safe
– Berat: 15 kg
– Dimensi: 98 x 75 x 32 cm
– Kecepatan: 25 km per jam
– Payload: 100 kg
– Jarak (range): 2 km
– Endurance: 1 jam

5 Comments