FNSS Tuntaskan Batch Perdana Produksi Medium Tank Harimau (Kaplan MT)

Setelah lama dinanti, ada kabar dari Turki, bahwa FNSS Savunma Sistemleri telah merampungkan bacth pertama produksi medium tank Harimau (Kaplan MT), dimana batch produksi perdana tersebut dibuat atas pesanan Kementerian Pertahanan Indonesia. Dengan rampungnya produksi Kaplan MT, sekaligus menandai ekspor perdana tank medium hasil rancang bersama antara Turki dan Indonesia.

Baca juga: FNSS Rilis Desain Upgrade Medium Tank Kaplan MT (Harimau)

Dikutip dari savunmasanayist.com (15/3/2022), sebuah seremoni dilakukan sebagai penanda selesainya produksi batch perdana Kaplan MT. Selain dihadiri perwakilan dari PT Pindad dan Duta Besar RI untuk Turki, seremoni juga dihadiri president of Turkey Defence Industries, Ismail Demir.

Kerjasama antara FNSS dan PT Pindad dimulai pada Juni 2010, dan nota kesepahaman yang ditandatangani antara kedua perusahaan bertansformasi menjadi proyek dari waktu ke waktu. Pada Juni 2014, nota kesepahaman kembali ditandatangani antara FNSS dan PT Pindad dengan joint venture kedua negara untuk produksi Medium Class Tank. Proyek ini resmi diluncurkan pada November 2015 dengan tahap desain dan pengembangan.

Sesuai kesepakatan, prototipe tank pertama yang diproduksi oleh FNSS dipamerkan di Pameran Industri Pertahanan IDEF 2017. Kemudian pada Januari 2018, prototipe tank produksi PT Pindad selesai dibangun.

Pada Desember 2019, kesepakatan ditandatangani antara kedua negara untuk produksi batch pertama kendaraan yang diproduksi secara massal. Dan akhirnya, produksi batch perdana Kaplan MT secara resmi selesai pada 15 Maret 2022. Masa berlaku proyek pada batch pertama mencakup periode 2020-2023.

FNSS dalam hal ini telah menyelesaikan produksi total 10 tank di Turki pada batch pertama. Sisanya 8 tank akan diproduksi oleh PT Pindad. Dalam konteks ini, FNSS akan memberikan transfer teknologi dan dukungan produksi kepada PT Pindad. Pada upacara 15 Maret kemarin, pihak FNSS menyatakan bahwa suku cadang untuk 8 tank produksi PT Pindad juga dipasok oleh FNSS.

Untuk saat ini infrastruktur produksi PT Pindad belum siap, namun dengan selesainya infrastruktur dalam waktu sangat singkat, pihak Indonesia diharapkan bisa mulai berproduksi. FNSS akan terus memberikan dukungan teknis kepada PT Pindad dalam semua proses ini.

Baca juga: Allison Transmission Pasok Sistem Transmisi untuk Medium Tank Harimau

Berbicara pada upacara tersebut, Ismail Demir berkomitmen untuk mendorong ekspor Harimau ke negara ketiga bersama dengan Indonesia. Mencermati peningkatan belanja pertahanan di pasar Asia, Demir menekankan bahwa Turki harus mengambil bagian aktif di pasar Asia. (Gilang Perdana)

12 Comments