FN SCAR-L: Kondang di Layar PUBG, Kini Jadi Andalan Taipur Kostrad

Bagi Anda pecinta game PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), tentu sudah tidak asing lagi dengan sebuah senjata berjenis assault rifle yang dapat ditemui di map Erangel dan Miramar, SCAR-L. Memilki nama asli Special Operations Forces Combat Assault Rifle (SCAR) merupakan senapan serbu yang didesain khusus guna memenuhi kebutuhan United States Special Operations Command (SOCOM) rakitan FN Herstal – pabrikan senjata asal Belgia. Dan lewat beberapa foto yang diunggah di media sosial, nampak bahwa senapan serbu ini juga telah digunakan pada unit elite (Taipur)/Raider Kostrad TNI AD

Baca juga: H&K HK416 – Senapan Serbu dengan Akurasi Tinggi dan Kualitas ‘Sebandel’ AK-47

SCAR sendiri memiliki tiga varian: senapan serbu SCAR-L (light), senapan tempur SCAR-H (heavy), dan senapan runduk Sniper Support Rifle (SSR) berkode Mk 20. Kendati satu pabrik, namun jenis peluru yang digunakan oleh ketiga senapan ini berbeda-beda.

Seperti yang ada di game PUBG, SCAR-L menggunakan jenis amunisi berukuran 5,56×45 mm, lalu untuk SCAR-H menggunakan amunisi berukuran 7,62×51 mm, sedangkan untuk yang tipe senapan runduknya menggunakan peluru berkaliber 7,62 mm.

FN SCAR-L Foto: Instagram @indonesian_armedforces

Masing-masing dari senapan multifungsi yang menggunakan mekanisme gas-operated (short-stroke gas piston) ini juga memiliki varian larasnya tersendiri. Untuk SCAR-L dan SCAR-H sama-sama memiliki tiga varian laras – pendek, standar, dan panjang.

SCAR-L short memiliki panjang laras 254 mm (10 inci) dengan bobot 3,04 kg. Lalu untuk SCAR-L standard memiliki panjang laras 355 mm (14 inci) dengan berat 3,29 kg. Sedangkan SCAR-L long memilki laras 457 mm (18 inci) dengan bobot 3,49 kg.

Keluarga FN SCAR

Lain halnya dengan SCAR-H, dimana varian pendeknya memiliki panjang laras 330 mm (13 inci) dengan berat 3,49 kg, varian SCAR-H standar memiliki panjang laras 400 mm (16 inci) dengan bobot 3,58 kg, dan SCAR-H long memiliki panjang laras 550 mm (20 inci) dengan berat 3,72 kg.

Jarak efektif tembakan dari masing-masing SCAR – baik light maupun heavy memiliki jarak yang variatif. Untuk SCAR-L short memiliki jarak efektif tembakan 300 meter, 500 meter untuk laras berukuran standar, dan 600 meter untuk laras panjang. Sedangkan SCAR-H short memiliki jarak efektif tembakan 300 meter, 600 meter untuk laras berukuran standar, dan 800 meter untuk laras berukuran panjang.

Dalam game PUBG.

Senapan yang sudah kenyang diajak perang dalam laga di Afghanistan, Irak, Afrika Tengah, Yaman, dan beberapa perang lainnya ini memiliki rata-rata tembakan 625 proyektil per menit dan dilengkapi dengan dudukan alat bidik optik.

Baca juga: Galil Galatz Sniper – Senapan Penembak Runduk Taipur Kostrad TNI AD

Satu lagi keunikan yang tidak boleh dilupakan dari senapan yang mulai digunakan sejak tahun 2009 ini – jarak popor belakang yang bisa diatur sedemikian rupa, bergantung pada kenyamanan para penggunanya. Tidak hanya memiliki reclining untuk mengatur panjang popor saja, FN SCAR juga memiliki popor yang bisa dilipat 180 derajat.

Nah, seperti yang terlihat pada foto paling atas, kuat dugaan yang digunakan pasukan Kostrad adalah tipe FN SCAR-L lengkap dengan teropong pada dudukan picatinny rail. (Nurhalim)

7 Comments