FN Herstal Luncurkan FN Minimi Mk3 Light Machine Gun – Hadir dengan Sejumlah Penyempurnaan

Siapa yang tak kenal dengan FN Minimi, senapan mesin regu ini begitu lekat digunakan oleh semua matra TNI, bahkan juga oleh Brimob Polri dalam operasi di Papua. Dan belum lama ini ada kabar dari pihak pabrikan, bahwa FN Herstal telah meluncurkan varian baru Minimi, yakni FN Minimi Mk3 Light Machine Gun.

Baca juga: FN Minimi – Senapan Mesin Regu Dengan Kemampuan Dual Feed System

Dari markasnya di Wallonia, Belgia, FN Herstal meluncurkan varian baru FN Minimi Mk3 pada 23 Mei 2024. Apa yang baru dari FN Minimi Mk3?

Konfigurasi baru FN Minimi Mk3, yang menampilkan feed cover yang panjang dengan 23-notch top rail. Dengan one-piece rail yang kaku ini memungkinkan pemasangan dua optik secara inline, memberikan konfigurasi yang lebih fleksibel kepada penggunanya. Semisal, optik siang hari tanpa pembesar dapat dikombinasikan dengan teropong pembesar atau optik siang hari dengan optik penglihatan malam, sehingga memastikan peningkatan presisi dan keandalan selama misi.

Varian Minimi baru ini menggantikan standard adjustable sight yang dapat disesuaikan dengan pandangan belakang flip-up yang tidak dapat disesuaikan dan mencakup kait penahan yang menjaga penutup tetap terbuka. Fitur ini mengimbangi bobot optik, memastikan penanganan yang aman dan efisien.

Senapan mesin ini dilengkapi dengan popor yang dapat disesuaikan yang menawarkan lima posisi penyesuaian panjang dan enam posisi penyesuaian ketinggian sandaran pipi, dilengkapi penyangga hidrolik untuk mengurangi recoil alias hentakan.

Bipod yang terintegrasi ke dalam handguard tetap dapat digunakan bahkan dengan aksesori yang dipasang di rel bawah. Pegangan cocking memungkinkan untuk mengokang dengan tangan yang kuat atau lemah, sedangkan baki umpan dengan pawl penahan sabuk memudahkan pemuatan dengan satu tangan.

FN Minimi Mk3 hadir standar dengan laras 422 mm. Tersedia dalam beberapa varian, antara lain versi taktis dengan popor yang dapat disesuaikan (adjustable stock), versi para dengan popor teleskopik, dan versi standar dengan popor tetap. Program peningkatan yang disesuaikan tersedia untuk pengguna dengan model FN Minimi 7,62 sebelumnya. Selain itu, kit konversi tersedia untuk menembakkan kartrid NATO 5,56 x 45 mm.

FN Herstal Luncurkan “Evolys” – Senapan Mesin Ringan dengan Sentuhan FN SCAR dan FN Minimi

Sebagai catatan, FN Herstal pada November 2013 meluncurkan versi Mk3 dari senapan mesin ringan Minimi, Minimi 5.56 Mk3 dan Minimi 7.62 Mk3. Minimi 7.62 Mk3 dapat dikonversi untuk melepaskan amunisi 5,56×45 mm.

Senjata ini beroperasi dengan gas-operated, rotating bolt. FN Minimi Mk3 punya panjang 1.026 mm saat direntangkan dan 950 mm saat dipendekan popornya. Beratnya sekitar 8,8 kg dan memiliki laju tembakan sekitar 800 peluru per menit. Sistem input peluru ke receiver menggunakan belt ataui pouch. Berbagai macam aksesori, diuji dan disertifikasi oleh FN Herstal, serta berbagai kartrid, tersedia untuk senapan mesin ini. (Gilang Perdana)

Singapore Airshow 2024 – ST Engineering Rilis Senapan Mesin Ultimax 100 MK9 dengan ‘Dual Feed Capability’ ala FN Minimi

2 Comments