Drone Kamikaze Rusia Gunakan Modem 4G dari Operator Seluler Ukraina

Teknologi seluler diadopsi dalam dunia militer sudah bukan sesuatu yang asing. Namun seiring kebutuhan operasi di lapangan, model penerapannya cenderung akan dinamis, menysuaikan tantangan yang berkembang. Seperti belum lama ini terungkap bahwa Rusia menggunakan drone yang dikendalikan menggunakan modem 4G, dan yang tidak disangka, bahwa kartu SIM 4G yang dipakai berasal dari operator seluler Ukraina, Kyivstar.

Baca juga: Ukraina Luncurkan Himera G1, Sistem Radio yang Diklaim Bebas ‘Serangan’ Jamming Rusia

Dikutip dari Defense Express, Angkatan Udara Ukraina menyebut bahwa drone dengan modem 4G dengan kartu SIM Kyivstar, tergolong sebagai drone canggih, yang mana salah satu drone tersebut berhasil dicegat beberapa hari lalu.

Angkatan Udara Ukraina mengungkapkan bahwa Rusia membuat drone lebih sulit dikenali dan berpotensi menjadi lebih pintar dengan dua trik baru, yakni mengecatnya dengan warna hitam dan memasang modem 4G.

Salah satu drone Rusia yang dicegat dilengkapi dengan modem 4G dan kartu SIM dari operator seluler Ukraina.

Pekerjaan cat hitam dirancang untuk membuat drone lebih sulit dideteksi, baik secara radar maupun visual. Hal ini memudahkan mereka melakukan serangan tanpa terlihat.

Modem 4G bahkan lebih menarik karena para ahli masih mencoba mencari tahu cara penggunaannya. Mereka dapat digunakan untuk mengirimkan data dari drone ke ground control station, seperti rekaman video atau informasi lokasi. Hal ini dapat mempersulit pertahanan udara Ukraina untuk menembak jatuh drone tersebut.

Yuriy Ignat, juru bicara Komando Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina, membenarkan bahwa modem 4G dengan kartu SIM Kyivstar ditemukan di drone Shahed yang diluncurkan Rusia. Jelas bahwa semua yang ada dipelajari oleh para ahli, dan tidak selalu perlu diungkapkan apakah kita mengetahui sesuatu atau tidak,” kata Yuriy Ignat.

Rusia Kini Punya ‘MM-1’ – Drone Kamikaze dari Bahan Plastik Busa Konvensional, Diklaim Tidak Terdeteksi Sistem Peperangan Radio Elektronik

Sekilas tentang Kyivstar, didirikan pada tahun 1994 dan menjadi salah satu operator seluler pertama di Ukraina. Kyivstar menyediakan berbagai layanan telekomunikasi, termasuk layanan seluler, telepon tetap, internet, dan layanan data 4G dan 4G+ (LTE). Operator ini dikenal dengan jaringan yang luas dan cakupan yang mencakup sebagian besar wilayah Ukraina. (Bayu Pamungkas)

One Comment