Seputar DSEI 2019Klik di Atas

Dislitbangad Sulap Hino Ranger FM260 TI Menjadi Truk Amfibi

Karena potensial mendukung operasi taktis, sampai saat ini setidaknya ada dua Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) TNI yang fokus melakukan pengembangan pada desain truk amfibi, yakni Dislitbangad TNI AD dan Dislitbangal TNI AL. Dari TNI AL wujudnya adalah Truk Amfibi Serba Guna (TASGU) yang dibangun dari sasis truk Isuzu Elf NKR 71 4×4. Sementara TNI AD sampai ini malahan telah merilis tiga prototipe truk amfibi dalam berbagai varian.

Baca juga: Ini Dia! Truk Amfibi Serba Guna Rancangan Dislitbangal

Rancangan truk amfibi TNI AD yang telah dipublikasi, generasi awal mengadopsi basis truk Unimog U1300L dari Ditpalad (Direktorat Peralatan Angkatan Darat). Kemudian pada Indo Defence 2014, Dislitbangad merilis truk amfibi, yang disebut sebagai Kendaraan Darat Air Anti Banjir, truk ini menggunakan basis Mitsubishi Colt Diesel Turbo Intercooler.

Dan menjelang pergantian tahun 2017 lalu, Dislitbangad kembali melakukan uji coba truk amfibi generasi terbaru di Danau Jatiluhur, yang kali ini mencomot basis Hino Ranger FM260 TI. Menjadi rantis amfibi, jelas kali ini Hino Ranger FM260 TI mendapat modifikasi penuh pada bagian bawah bodi dengan modul kedap air, menjadikan Hini Ranger ini laksanan perahu.

Baca juga: Hino Ranger 500 FM285 JD – Mengenal Truk “Penggendong” Kanon Oerlikon Skyshield Paskhas TNI AU

Dalam spesifikasi, truk amfibi Dislitbangad ini dirancang untuk Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Dari berbagai sumber, diketahui Hino Ranger FM260 TI yang disulap menjadi truk amfibi adalah keluaran tahun 2012. Sumber tenaganya menggunakan mesin diesel empat langah dengan enam silinder, serta tenaga 260PS/2500 RPM. Punya kapasitas mesin 7.684 cc dengan muatan bahan bakar hingga 280 liter, Hino Ranger FM260 TI amfibi ini dapat melaju hingga kecepatan maksimum 80 km per jam di darat, dan 5-8 knots per jam di air. Untuk melaju di air, truk berpengggerak 4×4 ini dilengkapi dua unit propeller dari motor hidrolik.

Lebih detail, Hino Ranger FM260 TI punya panjang 10,63 meter, lebar 2,63 meter, tinggi 4,16 meter, dan bobot sampai 11,8 ton. Dengan ground clearance sekitar 34 cm, body perahu yang menjadi ‘casing’ truk ini dibuat dari plat dengan tebal 4 mm. Besar harapan setelah merilis beberapa varian prototipe truk amfibi, kedepannya semoga truk amfibi lansiran Litbang TNI dapat segera masuk proses produksi, dan bisa dioperasikan di berbagai satuan. (Haryo Adjie)

7 Comments