Di Perairan Guam, Frigat AL Singapura Tembakan Rudal Anti Kapal Harpoon

Bila TNI AL melakukan uji coba penembakan rudal anti kapal, rasanya sudah menjadi hal yang lazim kita dengar, secara logika tidak sulit bagi TNI AL untuk mencari lokasi uji coba peluncuran rudal, lantaran Indonesia punya perairan yang luas. Namun, bagaimana dengan AL Singapura – Republic of Singapore Navy (RSN)? Dengan luas teritori perairan yang begitu kecil, dimanakah uji coba rudal anti kapal dapat mereka lakukan?

Baca juga: Hadapi Potensi Serangan dari Cina, Guam Akan Dilengkapi Sistem Rudal Hanud Jarak Jauh

Jika mengandalkan luas teritori lautan, jelas mustahil dilakukan Singapura, selain Selat Singapura yang terbilang padat. Seperti dikutip dari straitstimes.com (6/7/2021), rupanya AL Singapura dan AL AS (US Navy) tengah menggelar latihan militer bilateral di Perairan Guam dalam Exercise Pacific Griffin yang berlangsung dari 22 Juni sampai 7 Juli 2021.

Nah, ajang latihan bilateral dengan area yang lautan yang luas rupanya dimanfaatkan oleh AL Singapura untuk menjajal penembakan rudal anti kapal Harpoon. Kementerian Pertahanan Singapura dalam rilisnya menyebut, pada 6 Juli telah dilangsungkan penembakan rudal Harpoon dari dua frigat tercanggih di Asia Tenggara, Formidable Class, yaitu RSS Tenacious dan RSS Stalwart.

Frigat berkemampuan stealth kelas Formidable

Bukan itu saja, kapal perang Singapura juga turut menjajal penembakan rudal hanud Aster dan torpedo ringan 324 mm. Selain membawa dua frigat Formidable Class, AL Singapura juga turut mengerahkan kapal patroli litoral terbarunya, RSS Fearless dari Independence Class.

Seentara dari AL AS, dalam latihan ini dikerahkan kapal perusak USS Benfold (Arleigh Burke Class), kapal pendukung USNS Amelia Earhart dan kapal selam Los Angeles Class. Komando Indo-Pasifik AS pada 23 Juni memberi pernyataan bahwa latihan itu akan menampilkan acara baik di pantai maupun di laut, seperti operasi khusus maritim, latihan pertahanan anti-udara, operasi perang anti-kapal selam, dan pengisian ulang di serial laut.

Baca juga: Singapura Kirim Detasemen F-15SG dan F-16 ke Lanud Andersen di Guam

Singapura juga menyertakan unsur udara dalam latihan di Guam, seperti diketahui, AU Singapura memikiki detasemen latih khusus di Lanud Andersen, Guam. Detasemen udara tersebut berisikan jet tempur F-15SG, F-16 C/D dan pesawat intai/peringatan dini G550. (Gilang Perdana)

10 Comments