Di Lebanon, Tank AMX-13 Justru Jadi “Rumah Ikan”

Foto-foto yang datang dari Lebanon ini mungkin sedikit membuat kita terenyuh, bagaimana tidak, tank ringan AMX-13 kanon dan ranpur APC AMX-13 VCI (Véhicule de Combat d’Infanterie) ditenggelamkan dengan tenang ke laut. Persisnya ada 10 tank dan kendaraan lapis baja eks AD Lebanon yang sengaja ditenggelamkan untuk dijadikan artificial reef alias karang buatan.

Baca juga: AMX-13 VCI Retrofit – Harapan Memperpanjang Usia Pakai APC Legendaris

Sementara Indonesia yang juga mengoperasikan dua jenis ranpur yang sama, sampai saat ini masih mengoperasikan untuk Batalyon Kavaleri TNI AD, bahkan beberapa malah telah di-upgrade kemampuannya oleh PT Pindad.

Upaya penenggelaman tank-tank tua merupakan bentuk partisipasi AD Lebanon untuk meningkatkan kelestarian alam dan menggiatkan wisata bawah air. Persisnya penenggelaman tank-tank AMX-13 dilakukan di lepas pantai, sekitar tiga kilometer dari Pelabuhan Kota Sidon di Lebanon Selatan pada 28 Juli 2018. Proses penenggelaman tank AMX-13 yang bobot per unitnya sekitar 13 – 14 ton, dilakukan menggunakan crane ukuran besar.

Dikutip dari bbc.co.uk, gagasan penenggelaman ranpur berasal dari kelompok aktivis lingkungan yang menyerukan penciptaan habitat baru di sekitaran Laut Mediterania. Atas upaya kelompok LSM, Friends of the coast of Sidon, akhirnya pihak militer ikhlas merelakan koleksi ranpur tua yang ada. Saat masih dioperasikan, ranpur-ranpur tersebut tergabung dalam batalion infanteri mekanis Brigade Infanteri Ke-4. Di dekade 60 dan 70-an, tank-tank AMX-13 Lebanon pernah berperang melawan Israel.

Indonesia yang dikenal sebagai pengguna AMX-13 dalam jumlah besar sejak 1962, juga telah memensiunkan beberapa tank yang telah rusak. Memang tak dijadikan rumah ikan, namun diabadikan sebagai monumen di beberapa kesatuan. (Bayu Pamungkas)

3 Comments