Delilah – Rudal Jelajah Jarak Jauh untuk F-5E Tiger III Maroko

Berkaca dari roadmap upgrade yang diadopsi untuk F-5M milik AU Brasil, maka penempur lawas legendaris asal Negeri Samba dipersiapkan untuk bisa meluncurkan rudal udara ke permukaan/rudal jelajah jarak jauh, MICLA-BR. Rudal MICLA-BR adalah versi rudal permukaan-ke-permukaan MTC-300 (atau Astros AV-TM 300). Dengan pemandu inertial/GPS plus image correlation system, rudal tersebut punya jangkauan hingga 270 km.

Baca juga: F-5E/F Tiger III – Mengenal Kecanggihan “Macan Gurun”, Jet Tempur Lapis Kedua AU Maroko

Dan dalam program upgrade terbaru untuk F-5E Tiger III, AU Maroko kini tengah melakukan pembicaraan dengan Elbit Systems, dimana perusahaan manufaktur alutsista asal Israel itu diharapkan dalam mendukung adopsi rudal jelajah udara ke permukaan Delilah.

Delilah yang namanya identik dengan kekasih Samson, disebut Elbit Systems sebagai air to surface advanced loitering stand-off missile. Rudal ini punya kemampuan operasional untuk pencarian jarak jauh, akuisisi dan serangan presisi pada target bernilai tinggi yang bergerak, stasioner atau re-located target.

Dengan navigasi dan panduan otonom multi-waypoint, avionik canggih, dan mesin turbo-jet untuk misi jarak jauh, Delilah memiliki kemampuan manuver yang tinggi dengan kemampuan jelajah, berkeliaran, menyerang, dan dapat berkeliling di sekitar sasaran layaknya drone kamikaze.

Delilah dibekali fitur pencari (seeker) elektro-optik (E/O) canggih untuk diskriminasi target pada kondisi siang/malam dan segala cuaca. Delilah punya kecepatan jelajah subsonic Mach 0.5 hingga 0.7 dan jangkauan maksimum 250 km.

Elbit Systems merancang Delilah dengan misi terprogram dengan pembaruan pasca-peluncuran, dan kemampuan mengesampingkan Man-in-the-Loop untuk pemilihan target dan persetujuan serangan akhir yang memungkinkan penetapan target secara real-time.

Delilah punya spesifikai, yaitu panjang 2,71 meter dan diameter 0,33 meter (lebar bentang sayap 1,55 meter). Bobot keseluruhan Delilah 187 kg, dengan 30 kg di antaranya adalah berat hulu ledak. Ketinggian terbang rudal ini maksimum 8.500 meter dan punya akurasi 1 meter pada sasaran.

Baca juga: F-5E/F Tiger II TNI AU: Punya Avionik Setara F-16 C/D Fighting Falcon

Dikutip dari elbitsystems.com, Delilah sejatinya adalah seri rudal untuk beberapa platform peluncuran. Mencakup sistem peluncur dari kapal perang (sea launcher), kendaraan darat (ground launcher), pesawat tempur dan helikopter (Delilah HL). (Bayu Pamungkas)

6 Comments