Dalam Kondisi Utuh, Rusia Dapatkan Drone Laut (USV) Kamikaze MAGURA V5 Ukraina

Baru saja dipamerkan pada DSEI (Defence & Security Equipment International) 2023 di London, bulan September lalu, jelas drone laut atau USV (Unmanned Surface Vehicle) kamikaze MAGURA (Maritime Autonomous Guard Unmanned Robotic Apparatus) V5 adalah barang baru bagi arsenal persenjataan Ukraina. Lantaran tak lagi efektif mempunyai armada kapal perang, maka pengembangan USV kamikaze menjadi prioritas Ukraina.

Baca juga: Inilah MAGURA V5 USV, Drone Laut Kamikaze Ukraina yang Bikin Repot Rusia di Laut Hitam

Setelah beberapa kali momen serangan USV kamikaze yang berhasil merusak kapal perang Rusia di Sevastopol, belum lama ini ada kabar bahwa Rusia mendapat ‘jackpot’ berupa sosok USV MAGURA V5 yang terdampar di pesisir pantai.

Dari newsweek.com (23/11/2023) yang mengutip laporan intelijen terbuka, disebut pasukan Rusia di Krimea telah mendapatkan USV yang diduga kuat merupakan MAGURA V5. Tidak banyak rincian atas kabar terdamparkan MAGURA, pihak Rusia maupun militer Ukraina belum memberikan tanggapan atau konfirmasi lebih lanjut.

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan drone angkatan laut Ukraina berada di garis pantai yang tidak diperinci.

Laporan mengenai penyitaan drone MAGURA yang dibawa oleh Rusia menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana Moskow nantinya dapat menggunakan teknologi yang ditangkap tersebut, termasuk bagaimana cara mempertahankan diri dengan lebih baik terhadap serangan drone kamikaze Ukraina yang kian masif dan canggih berkat dukungan Barat.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah menemukan empat USV milik Angkatan Laut Ukraina di Laut Hitam bagian barat. Moskow mengatakan empat kapal tak berawak sedang menuju Krimea, dan pertahanan mereka telah menghancurkan kapal-kapal tersebut. Tidak jelas apakah laporan ‘penangkapan’ MAGURA dan pernyataan Kementerian Pertahanan ada hubungannya.

MAGURA V5 disebut sebagai drone Angkatan Laut (AL) pertama dengan video proof serangan mengenai kapal perang atau sasaran dalam di pertempuran nyata.

MAGURA V5 memiliki panjang 5,5 meter dan tinggi 1,5 meter serta memiliki kemampuan bergerak cepat hingga 22 knots dan senyap walau membawa bobot muatan seberat 320 kg dalam radius tempur 450 mil laut. Lambung hidrodinamik dan profil ramping V5 memungkinkannya bergerak secara diam-diam dengan kemampuan manuver yang baik.

Baca juga: Timur Tengah Memanas, Armada Kelima AS Operasikan High Speed Drone USV T-38 Devil Ray

Lambung MAGURA tidak terlalu tinggi membuatnya juga sulit terdeteksi. Di medan tempur, drone laut kamikaze ini dapat beroperasi sendiri ataupun group untuk berbagai tujuan serangan. MAGURA V5 USV Ukraina di desain tidak hanya untuk drone laut kamikaze, melainkan juga bisa untuk operasi surveillance, pengintaian, patrol, SAR, perang ranjau, fleet security, dan combat missions atau misi tempur. (Gilang Perdana)

One Comment