Seputar DSEI 2019Klik di Atas

Cassidian Optronics: Periskop Canggih Untuk Kapal Selam Changbogo Class TNI AL

Colombia_Submarine209_Mast

Bicara tentang kapal selam tentu tak bisa dilepaskan dari keberadaan periskop. Ya, alat inilah yang digadang bagi para awak kapal untuk bisa melihat kondisi langsung di permukaan saat kapal sedang di bawah permukaan air. Selain fungsinya untuk mengamati kondisi aneka obyek di permukaan, periskop juga dapat difungsikan sebagai perangkat bantu bidik untuk penembakkan torpedo.

Korps Hiu Kencana TNI AL yang bakal kedatangan alutsista baru, yakni kapal selam Changbogo Class buatan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Korea Selatan, kabarnya akan dilengkapi persikop canggih berteknologi optronics (optical electronics) buatan Cassidian, Jerman. Cassidian sendiri merupakan bagian dari divisi Airbus Defence and Space. Secara label, solusi yang dijual populer dengan sebutan Cassidian Optronics, atau dahulu dikenal dengan nama Carl Zeiss Optronics.

Baca juga: Kongsberg MSI-90U Mk 2 -Canggihnya Combat Management System di Changbogo Class TNI AL

Struktur Cassidian Optronics SERO 250.
Struktur Cassidian Optronics SERO 250.
Konsol lensa pembidik dan lensa pada bagian luar.
Konsol lensa pembidik dan lensa pada bagian luar.

Baca juga: Aries-LPI – Radar Intai Kapal Selam Changbogo Class TNI AL

0000240670_resized_rer251onCASSIDIAN-Optronics'-optron

Apa kecanggihan dari Cassidian Optronics? Menurut siaran pers, periskop ini masuk dalam teknologi search periscope yang dibekali sensor infra red untuk meningkatkan kapabilitas intai kapal selam. Lewat tipe SERO 250, Cassidian menawarkan sistem instalasi yang mudah secara modular dan plug in ke struktur kapal selam, menjadikan pihak pemakai tak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk mengganti periskop tuanya.

SERO_250_1_gross

Baca juga: Pengadaan Alutsista TNI AL, Antara Harapan dan Kenyataan (1)

Baca juga: Pengadaan Alutsista TNI AL, Antara Harapan dan Kenyataan (2)

Secara umum, bekal teknologi canggih pada periskop Cassidian Optronics mencakup High-performance optics, Dual-axis, line-of-sight stabilisation, 3-stage optical magnification changer, ESM-EW/GPS antenna interface, Integrated IR camera sensor dan eye-safe laser rangefinder. Dengan segala keunggulan infra red, maka periskop kapal selam dapat beroperasi maksimal di kegelapan malam.

Baca juga: KRI Cakra – “Siluman Bawah Laut” TNI-AL

Pelanggan setia Cassidian Optronics adalah kapal selam besutan HDW, Jerman, yaitu Type 209, atau dikenal di lingkup TNI AL sebagai KRI Cakra 401 dan KRI Nanggala 402. Bulan Maret tahun 2013, Cassidian Optronics mendapat paket upgrade untuk ‘mempercanggih’ kapal selam Type 209 milik AL Kolombia, dan sebelumnya periskop ini juga telah digunakan oleh AL Turki. (Gilang Perdana)

16 Comments