Canangkan Pengembangan Pangkalan, TNI AL Lakukan Survei Hidro-oseanografi di Perairan Temajuk

Guna pengembangan pangkalan armada TNI AL di masa depan, serangkaian survei dan pemetaan mutlak dilakukan untuk menjamin keselamatan dalam pelayaran. Seperti yang dilakukan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dalam menggelar operasi survei dan pemetaan  hidro-oseanografi di perairan Temajuk, Kalimantan Barat.

Baca juga: Mutakhirkan Data ALKI I Area Selat Karimata, KRI Spica 934 Jalankan Misi Hidro-Oseanografi Selama 60 Hari

Survei dan pemetaan yang dilakukan selama 50 hari ini dimaksudkan untuk pengembangan pangkalan TNI AL, juga dipergunakan untuk memutakhirkan Peta Laut Indonesia (PLI) No. 282 serta Informasi Publikasi Nautika lainnya.

Dilansir dari siaran pers Pushidrosal (14/5), Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, menyampaikan, Tim survei Pushidrosal berjumlah 15 personel  di bawah pimpinan Mayor Laut (P) Deirus Rizki Khair, S.T ini bertugas melaksanakan Operasi Survei Hidro –Oseanografi yang meliputi pengumpulan, pengolahan dan penyajian Data Hidro–Oseanografi di perairan Temajuk, Kalimantan Barat, guna menyiapkan pengembangan Faslabuh yang ada di Posal Temajuk dan data yang dihasilkan untuk update Peta Laut Indonesia dalam rangka menjamin keselamatan pelayaran di perairan tersebut.

Selama pelaksanaan, tim melakukan kegiatan yang meliputi;  pengambilan data kedalaman (pemeruman), pencitraan dasar laut, verifikasi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran(SBNP), pemasangan stasion pasang surut, pengukuran arus, pengukuran ketebalan sedimentasi, pengambilan contoh dasar laut, pengamatan meteorologi, verifikasi toponimi serta  pengumpulan data geografi maritim.

Survei juga menekankan pada pentingnya akurasi data alur pelabuhan untuk menunjang perekonomian nasional khususnya dalam  mewujudkan konektivitas  dan terbangunnya infrastruktur untuk  mendukung visi Poros Maritim Dunia (PMD).

Baca juga: Leeuwin Class – Kapal Hidro Oseanografi Andalan AL Australia

Untuk mengevaluasi  dan melihat keakuratan data yang sudah dihasilkan agar sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh International Hydrographic organization (IHO), dilakukan inspeksi oleh Dinas Veranautikas. Inspeksi ini bertujuan untuk meninjau secara langsung perkembangan pelaksanaan survei yang dilaksanakan tim Pushidrosal, yang meliputi area, waktu, maupun metode survei yang dilaksanakan apakah sesuai dengan perencanaan awal, sehingga data yang dihasilkan akurat, mutakhir dan terpercaya. (HANS)

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *