Boeing Luncurkan F-15QA Ababil Pesanan Qatar, Mulai Dikirim Akhir Tahun

Setelah sukses terbang perdana pada 4 April 2020, akhirnya jet tempur F-15QA Advanced Eagle pesanan Qatar telah resmi diluncurkan pada 25 Agusuts 2021 di fasilitas Boeing, St. Louis, Missouri. Bukan sekedar seremoni peluncuran semata, Boeing bersama dengan Angkatan Udara AS (USAF) dan tentunya Angkatan Udara Qatar juga meresmikan nama baru jet tempur twin engine ini sebagai F-15QA Ababil.

Baca juga: Dengan “Viking Takeoff,” Jet Tempur Boeing F-15QA Qatar Sukses Uji Terbang Perdana

Meski telah diluncurkan, unit perdana F-15QA Ababil baru akan dikirim ke Qatar pada akhir tahun ini, bersamaan dengan tuntasnya masa pelatihan pilot dan ground crew yang kini sedang berada di AS.

Pada tahun 2017 Boeing mendapatkan kontrak akuisisi dari Qatar senilai US$6,2 miliar untuk memproduksi 36 jet tempur F-15QA dengan jadwal pengiriman perdana pada tahun 2021. Lantaran memesan dalam jumlah besar, Boeing ikut mendirikan dan mengoperasikan pusat pelatihan awak pesawat dan pemeliharaan serta suku cadang untuk AU Qatar di Pangkalan Udara Al Udeid hingga tahun 2024.

F-15QA Ababil dibekali dengan beberapa peningkatan dibanding varian F-15 lainnya, diantaranya terdapat penambahan hard point (cantelan senjata) pada new outer wing untuk meningkatkan kapasitas payload. Untuk sistem radar, F-15QA dibekali radar canggih AN/APG-82(V)1 yang berteknologi Advanced Electronically Scanned Array (AESA) dan perangkat infrared search and track (IRST) AN/AAS-42 Tiger Eyes.

Bagian kokpit F-15QA sudah terintegrasi dengan Joint Helmet-Mounted Cueing Systems (JHMCS) yang mensinergikan antara pilot dan Weapon Systems Officer (WSO) dan tampilan dashboard kokpit F-15QA juga sudah mengadopsi Large Area Display berukuran 10 x 19 inchi, low-profile Head-Up Display (HUD) pada kedua kokpit.

Baca juga: Dengan Syarat Batalkan Pengadaan Sistem Hanud S-400, Inilah Paket Eksklusif F-15EX untuk India

F-15QA Ababil dirancang mirip Panavia Tornado, yaitu jet tempur ber-tandem seat dengan penumpang di belakang seorang WSO. F-15QA ditenagai dua mesin General Electric F110-GE-129. Dengan membawa payload sampai 13,4 ton dan terbang sampai ketinggian 18.288 meter. Kecepatan maksimum F-15QA Ababil yaitu Mach 2.5 dengan jarak jelajah 1.770 km. (Gilang Perdana)

12 Comments