BM-21UM Berest – Self Propelled MLRS Baru dengan Kapasitas Tabung Peluncur Lebih Banyak

Tak mau kalah dagang dengan Rusia dan Ceko, Ukraina lewat UkrOboronProm pada 1 April lalu telah meluncurkan jenis alutsista baru untuk pangsa domestik dan ekspor. Yang dimaksud adalah jenis MLRS (Multiple Launcher Rocket System) BM-21UM Berest 122 mm. Diproduksi oleh Shepetivka Repair Plant (ShRP), BM-21UM Berest menawarkan konsep wahana peluncur dengan dua gardan dan berpenggerak 4×4.

Baca juga: BM-21 MT 4×4: Versi “Mini” MLRS RM70 Vampire Korps Marinir

BM-21UM menggunakan platform truk KrAZ-5401NE dengan mesin diesel YaMZ-536 yang punya kekuatan 312 hp. Konstruksi BM-21UM Berest menggunakan kabin empat pintu untuk kapasitas lima awak. Dengan dua tangki bahan bakar berkapasitas 165 liter. BM-21UM Berest dapat melesat dengan kecepatan 95 km per jam di jalan mulus.

Agar tampil beda dengan kompetitornya di lini self propelled MLRS, seperti RM70 Grad/Vampire dan Tornado-G yang dilengkapi 40 tabung peluncur roket 122 mm, maka BM-21UM Berest tampil dengan 50 tabung peluncur, yang masing-masing punya panjang 3 meter. Pihak pabrikan menyebut, peningkatakan kapasitas peluncur ini menjadikan sistem MLRS ini lebih unggul 25 persen dari aspek kapasitas dengan kompetitornya.

Aktuator peluncur BM-21UM Berest sudah dilengkapi dengan modul kontrol elektronik. Kemudian ada dua dongkrak hidraulik yang terletak di depan roda belakangnya yang memberikan stabilisasi dan menjaga tingkat kendaraan saat mode peluncuran roket. Di tangan awak yang terlatih, sistem BM-21UM dapat disiapkan dalam tempo 30 detik, dan meluncurkan seluruh roket dalam durasi 25 detik.

Dan tak perlu khawatir tentang keselamatan, awak tidak perlu meninggalkan kabin saat proses peluncuran roket. Sistem kendali peluncuran ditempatkan langsung di kabin, menjadikan BM-21UM Berest dapat beroperasi mandiri bila dalam keadaan darurat. Sistem BM-21UM Berest juga telah dilengkapi dengan battlefield management system, dimana awak dapat memonitor situasi dan pelaporan kepada komando atas dan unit tempur lainnya, seperti drone intai dan baterai radar secara real-time.

Baca juga: Intip Detail, MLRS RM70 Vampire Batalyon Roket 2 Korps Marinir

Dengan roket kaliber 122 mm, Umumnya BM-21UM Berest dapat melepaskan roket artileri medan dengan jangkauan hingga 40 km. Sementara BM-21UM Berest yang disokong teknologi pengendali tembakan terbaru, mampu melontarkan roket sejauh 52 km, tentunya parameter jarak tembak juga dipengaruhi oleh jenis hulu ledak yang digunakan pada roket tersebut. (Gilang Perdana)

9 Comments