Bersaing di Program “Light Aircraft Carrier”, Daewoo dan Hyundai Tampilkan Desain Kapal Induk

Rancangan kapal induk DSME (Foto: Janes.com)

Selain LIG Nex1 dan Hanwha Systems yang bersaing dalam “CIWS-II,” masih dari industri pertahanan Korea Selatan, dua galangan besar asal Negeri Ginseng, yaitu Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) and Hyundai Heavy Industries (HHI) juga bersaing dalam menawarkan desain rancangan kapal induk ringan (light aircraft carrier) untuk kebutuhan Angkatan Laut Korea Selatan – Republic of Korea Navy (RoKN).

Baca juga: Bersaing di Program โ€œCIWS-II,โ€ LIG Nex1 dan Hanwha Systems Tampilkan Rancangan Kanon Reaksi Cepat

Dikutip dari Janes.com (9/6/2021), dalam ajang MADEX 2021 yang dihelat di Busan, 9-12 Juni 2021, kedua galangan menampilkan model skala dalam booth mereka. Ada kesamaan antara rancangan kapal induk DSME dan HHI, yaitu sama-sama mengusung model dua struktur menara (twin island) pada decknya. Model twin island langsung mengingatkan kita pada rancangan kapal induk AL Inggris, HMS Queen Elizabeth.

Model twin island memisahkan pusat komando kapal dari operasi penerbangan. Jadi, satu menara untuk navigasi dan operasi, dan satu menara lainnya untuk kontrol penerbangan dan operasi udara. Desain itu diklaim meningkatkan peluang kapal untuk bertahan dalam pertempuran. Sebab, setiap pusat kendali dapat mengambil alih operasi lain jika salah satu dari mereka tidak mampu.

Rancangan kapal induk Hyundai (Foto: Navalnews)

Meski ada kesamaan, rupanya ada perbedaan yang mendasar antara desain kapal induk DSME dan HHI, dengan model skala 1:125, rancangan kapal induk DSME tidak dilengkapi dengan ski-jump pada bagian ujung landasan. Ini sesuai dengan rancangan desain kapal induk yang sebelumnya diungkapkan pihak angkatan laut.

Menurut pihak DSME, kapal induk rancangannya punya 263 meter, lebar 46,6 meter, dan memiliki bobot 45.000 ton dan kecepatan tertinggi 27 kntos. Kapal induk DSME mampu membawa hingga 16 pesawat tempur short take-off and vertical landing (STOVL), seperti Lockheed Martin F-35B Joint Strike Fighter di dek penerbangan dan 12 lainnya di hanggar.

Baca juga: Mantap Jadi Blue Water Navy, Inilah Desain Kapal Induk Ringan Korea Selatan

Sementara HHI mengungkapkan, rancangan kapal induk dalam model skala 1:400 punya panjang panjang 270 meter dan lebar 60 meter. Nah, pada rancangan kapal induk HHI, diadopsi model ski-jump. Dilengkapi deck untuk pengoperasian drone, kapal induk rancangan HHI punya bobot 45.000 ton, serta dapat membawa 16 jet tempur F-35B pada decknya dan 8 sisanya disimpang pada hanggar. (Bayu Pamungkas)

27 Comments