Beredar Kabar Indonesia Kurangi Pesanan Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk, Jadi 22 Unit

Meski masih menanti konfirmasi dari pihak yang berwenang, ada kabar bahwa Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI disebut telah mengurangi kesepatakan pembelian 24 unit helikopter multirole S-70M Black Hawk. Sebuah laporan terbaru yang diposting Janes.com (22/2/2023) menunjukkan bahwa Jakarta sedang mengkaji ulang rencana pembelian dan mungkin mempertimbangkan untuk mengurangi pesanan.

Baca juga: Indonesia Tandatangani HoA Pembelian 24 Unit Helikopter Multirole Sikorsky S-70M Black Hawk

Sumber dari Janes.com, menyebut Kemhan RI tampaknya sedang mengevaluasi kembali strategi awal mereka untuk memodernisasi angkatan bersenjata dengan helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk. Informasi ini dikatakan berasal dari orang dalam saat pameran dirgantara Singapore Airshow 2024, yang menyatakan bahwa rencana revisi Jakarta mencakup pembelian hanya 22 unit helikopter S-70M, mengurangi 2 unit dari komitmen awal sebanyak 24 unit.

Janes memberikan bukti melalui dugaan dokumen yang terungkap di Singapore Airshow 2024. Dokumen tersebut menunjukkan bahwa kontrak yang ada mencakup pengiriman 22 unit S-70M Black Hawk dengan nilai kontrak keseluruhan senilai US$585 juta. Nilai tersebut mencakup pelatihan pilot, ground crew, peralatan tambahan, dan suku cadangan yang diperlukan.

Ini berarti harga satuan S-70M mencapai US$25,213,773 per unit, menurut dokumen tersebut. Ke-22 unit S-70M akan diproduksi oleh PZL Mielec, namun dikirim ke fasilitas PT DI di Bandung untuk dirakit. Sebagai produsen S-70i Black Hawk, PZL (Polskie Zaklady Lotnicze) Mielec adalah anak perusahaan Sikorsky Company (Lockheed Martin Company) yang berlokasi di Polandia.

Semua pesanan S-70i dirakit di Polandia, namun untuk airframe tetap dibuat di Amerika Serikat. Sebagai ilustrasi, 70 persen proses produksi S-70i dibuat di Polandia, 30 persen sisanya di Amerika Serikat. (Gilang Perdana)

PT DI dan Honeywell Kerja Sama Tingkatkan Performa 24 Unit Helikopter S-70M Black Hawk

6 Comments