Bekas Berkualitas, Australia Beli Empat Unit CH-47F Chinook ‘Second’ dari AS

Punya anggaran pertahanan yang besar dan dominan mengakuisisi alutsista keluaran terbaru alias beli baru, tapi faktanya, Pemerintah Australia punya fleksibilitas untuk urusan persenjataan, apalagi bila ada urusan yang sifatnya mendesak. Beli bekas asal berkualitas tentu tidak ‘diharamkan’.

Baca juga: Australia Tambah Tank Tempur Utama, Total Bakal Punya 134 Unit MBT Abrams

Bersamaan dengan persetujuan atas pembelian paket ratusan unit MBT M1A1 Abrams dengan nilai US$1,68 miliar, Defense Security Cooperation Agency (DSCA) pada 29 April juga telah memberi persetujuan kepada Australia untuk membeli empat unit helikopter angkut berat Chinook dengan nilai US$259 juta. Seperti halnya paket pembelian MBT Abrams, paket empat Chinook adalah barang bekas pakai milik Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army).

Dikutip dari Janes.com (30/4/2021), disebutkan meski merupakan helikopter bekas, namun dalam paket jualnya sudah mencakup dukungan duku cadang dan beragam peralatan pendukung. β€œPenjualan ini akan mendukung kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional Amerika Serikat. Australia adalah salah satu sekutu terpenting kami di Pasifik Barat. Letak strategis kekuatan politik dan ekonomi ini memberikan kontribusi yang signifikan untuk memastikan perdamaian dan stabilitas ekonomi di kawasan. Sangat penting bagi kepentingan nasional AS untuk membantu sekutu kami dalam mengembangkan dan memelihara kemampuan pertahanan diri yang kuat dan siap,” ujar juru bicara DSCA.

Empat unit Chinook yang dibeli untuk AD Australia adalah jenis Chinook CH-47F, sebagai informasi, saat ini AD Australia sudah mengoperasikan 10 unit Chinook CH-47F, yang menggantikan CH-47D yang telah dioperasikan sejak tahun 1995. Armada Chinook Australia ditempatkan di Townsville, Queensland.

CH-47F dikembangkan berdasarkan dari varian CH-47D, di CH-47F pihak Boeing mengadopsi tipe mesin baru, peningkatan kekuatan airframe, dan sistem avionic baru. Bila Chinook perdana CH-47A meluncur pada tahun 1962, maka CH-47F baru terbang perdana pada tahun 2001, dan produksi secara komersiakl baru dilakukan pada tahun 2006. Karena populasi CH-47D yang besar, Boeing menawarkan CH-47F yang berasal dari standar CH-47D (remanufaktur).

Baca juga: Wow! BNPB Hadirkan Helikopter Chinook dan Black Hawk untuk Water Bombing

Untuk sebagian besar CH-47F pesanan Australia akan mengacu pada konfigurasi yang sama dengan yang digunakan oleh Angkatan Darat AS, meskipun rem rotor dan titik pengikat (tie-down points) telah ditambahkan untuk memfasilitasi operasi dari kapal induk helikopter – LHD Canberra Class. Lain dari itu, Chinook Australia mendapatkan modifikasi berupa pemasangan tempat duduk penumpang, miniguns, dan pelindung balistik di bawah lantai. (Gilang Perdana)

24 Comments