Beda Penyebutan Bell-412 dan NBell-412, Inilah Penjelasannya!

Belum lama ini kami menurunkan berita perayaan pengiriman helikopter Bell-412 ke-70 oleh PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dan Bell Textron Inc. Pengiriman ke-70 tersebut terkait pengadaan sembilan unit helikopter serbu Bell-412 EPI (Enhanced Performance Integrated) pesanan Kementerian Pertahanan untuk TNI AD. Dan masih tentang Bell-412, muncul pertanyaan dari netizen, apa perbedaan dari Bell-412 dan NBell-412?

Baca juga: Dari Gatari Hingga Pesanan TNI AD, Bell dan PT DI Rayakan Pengiriman Bell-412 Ke-70

Seperti diketahui, beberapa helikopter Bell-412 yang diserahkan terdahulu menggunakan label “NBell,” serupa dengan label yang disematkan pada NAS-330 Puma, NAS-332 Super Puma dan NBO-105. Lantas mengapa dahulu ada label NBell-412 dan sekarang menjadi Bell-412? Menjawab pertanyaan tersebut, Ibnu Bintarto, VP Aircraft Sales PT DI memberi penjelasan kepada Indomiliter.com.

“Kode NBell digunakan ketika helikopter diproduksi, mulai row material, hingga perakitan akhir dan uji terbang dilaksanakan di PT DI (d/h PT IPTN). Itu berlangsung dari seri produksi serial number pertama hingga serial number ke-31,” ujar Ibnu. Ditambahkan, sejak helikopter serial number ke-32 sampai saat ini, perakitan akhir dan uji terbang dilaksanakan di Kanada. PT DI melakukan customizing sesuai dengan customer requirement dan sebagai delivery center.

Bila dilihat dari porsi kerja, memang saat menyandang label NBell, porsi kerja PT DI lebih besar dari posisi saat ini. Ibnu menambahkan, saat ini PT DI sedang berupaya meningkatkan pasokan komponen yang dikirim kepada Bell Textron. Dan ini tentu menjadi pertimbangan untuk semakin memperbesar kembali porsi PT DI terhadap ICA (Industrial Collaboration Agreement) antara PT DI dengan Bell Textron.

Untuk saat ini, PT DI ikut memproduksi komponen Bell-412, yaitu tail boom, perakitan pintu, tiang pintu, pylon dan duct untuk helikopter.

Dari sejarahnya, PT DI menyerahkan unit perdana NBell-412 kepada Gatari Air Service pada tahun 1989, dimana sebelumnya sejak 1983 telah ada kesepakatan kerja sama antara PT IPTN dan Bell untuk memproduksi beberapa suku cadang.

Penggunaan label NBell-412 mewakili produksi varian SP dan HP. Sementara generasi EP  dan EPI sudah kembali menggunakan label Bell-412.

Operator NBell/Bell-412 yang paling lengkap di Indonesia adalah Puspenerbad TNI AD. Puspenerbad mulai menggunakan varian NBell-412 SP (Special Performace), kemudian berlanjut ke varian NBell-412 HP (High Performance), varian Bell-412 EP (Enhanced Performace) dan yang terbaru Bell-412 EPI (Enhanced Performance Integrated) .

Baca juga: PT DI Akan Serahkan Bell-412 EPI Pesanan TNI AD Lengkap Berikut M134D Minigun

Secara keseluruhan, Bell-412 dalam berbagai varian telah diproduksi dan diserahkan oleh PT DI sebanyak 63 unit. Pengguna helikopter angkut sedang ini utamanya adalah TNI AD, TNI AL dan Polri. Sehingga jika nantinya kesembilan Bell-412 EPI telah diserahkan, maka populasi keluarga Bell-412 dari PT DI mencapai 72 unit. (Haryo Adjie)

17 Comments