Bawa Bantuan Oksigen, LPD Singapura RSS Endeavour 210 Tiba di Jakarta

Sebagai wujud solidaritas antar negara di Asia Tenggara, Pemerintah Singapura telah mengirimkan bantuan ke Indonesia untuk penanganan Covid-19, terdri dari 3 unit ISO Tanks, 250 tabung oksigen, dan 570 unit oxygen concentrator.

Baca juga: Endurance Class 170 – Ambisi Singapura Wujudkan Kapal Induk Helikopter

Dibawa menggunakan Landing Platform Dock (LPD) RSS Endeavour 210 (Endurance Class), kapal yang bertolak dari Lanal Changi pada 11 Juli lalu, diwartakan hari ini, Rabu 14 Juli 2021, telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Di kalangan warganet pemerhati alutsista, LPD Endurance Class sudah tak asing lagi, kapal pendarat buatan ST (Singapore Technologies) Marine. ini punya bobot 7.200 ton, sementara bobot penuhnya bisa mencapai 9.400 ton. AL Singapura punya empat unit LPD Endurance Class, yaitu RSS Endurnace 207, RSS Resolution 208, RSS Persistence 209, dan RSS Endeavour 210. Sementara ada satu unit lain yang diakuisisi oleh AL Thailand, yaitu HTMS Angthong 791.

Terkhusus RSS Endeavour 210 yang kini sandar di Jakarta, mulai dibangun pada tahun 1998, kemudian diluncurkan pada 12 Februari 2000 dan resmi dioperasikan AL Singapura sejak 7 April 2001.

Dari segi persenjataan, Endurance Class bisa dibilang sebagai salah satu LPD yang paling kokoh persenjataannya. Itu dibuktikan dengan adopsi meriam reaksi cepat OTO Melara 76 mm, rudal Mistral, dan kanon CIWS (close in weapon system) M242 Bushmaster kaliber 25 mm.

Meski tak dibekali side ramp seperti halnya LPD milik TNI AL, tapi LPD buatan Singapura ini punya kelebihan yang tak dimiliki oleh LPD Indonesia, yaitu adanya front bow ramp, yakni pintu palka di bagian haluan, mirip yang terdapat di LST (Landing Ship Tank).

Baca juga: Telah Meluncur โ€œYu Shan,โ€ Landing Platform Dock dengan Senjata Setara Frigat

Dalam hal senioritas penggunaan LPD, Singapura harus diakui jauh lebih dulu dari Indonesia. Tercatat RSS Endurance resmi meluncur pada tahun 2000. Beberapa keterlibatan LPD Singapura diantara dalam misi PBB di Timor Timur dan operasi bantuan kemanusiaan pasca Tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam. (Gilang Perdana)

9 Comments