AU Singapura Terima Unit Perdana Helikopter Angkut Berat CH-47F Chinook

(Vincent Games)

Untuk pengadaan helikopter angkut berat CH-47F Chinook, sebenarnya Indonesia tak ketinggalan dari Singapura, pasalnya sejak tahun 2015, Boeing telah menawarkan penjualan varian tercanggih Chinook ke Indonesia. Bahkan, di tahun 2015, Boeing telah menawarkan penjualan empat unit Chinook berikut pemberian offset sebagai syarat transfer of technology.

Baca juga: Boeing Akhirnya Berikan Offset Untuk Pengadaan Empat Unit CH-47 Chinook

Disebutkan pengadaan CH-47 Chinook akan menggunakan anggaran tahun 2016, dengan anggaran pengadaan per unit helikopter mencapai US$30 juta. Lewat beberapa kali pembahasan dan negosiasi antara pihak Boeing dan Kementerian Pertahanan RI, Regional Director South East Asia Boeing, Young Tae Pak (25/8/2015),Β  menyampaikan kepada Menteri Pertahanan saat itu, Ryamizard Ryacudu bahwa Boeing siap memberikan dan memenuhi persyaratan skema offset yang diinginkan Indonesia.

Namun, musim telah berganti, dan sampai tulisan ini diturunkan, belum ada kontrak pembelian untuk helikopter Chinook. Alih-alih, Singapura pada tahun 2016, telah resmi memesan Chinook CH-47F dalam jumlah yang tak disebutkan. Meski tak disebutkan secara resmi, kabarnya Singapura mengorder delapan unit CH-47F.

(Vincent Games)

Dikutip dari Janes.com (21/5/2021), dikatakan unit perdana Chinook CH-47F pesanan Angkatan udara Singapura (RSAF) telah diterima. Unit perdana CH-47F tidak tiba di daratan Singapura, melainkan di
RSAF Helicopter Detachment yang berlokasi di Oakey, Queensland, Australia. Penempatan Chinook di Australia memungkinkan bagi Singapura untuk memanfaatkan wilayah udara dan medan luas untuk pelatihan yang lebih realistis.

Di Asia Tenggara, Chinook sudah lama dimiliki Singapura. Negeri Jiran ini merangkum armada CH-47 Chinook di dalam Skadron 127. AU Singapura tercatat punya enam unit CH-47D dan dua belas unit CH-47SD Chinook. Selain itu, AD Thailand juga ikut menggunakan CH-47 Chinook. Saat berkecamuknya Perang Vietnam, Chinook juga menjadi etalease kelengakapan udara di pihak Vietnam Selatan.

CH-47F adalah varian terbaru dan termutakhir dari keluarga Chinook. CH-47F dikembangkan berdasarkan dari varian CH-47D, di CH-47F pihak Boeing mengadopsi tipe mesin baru, peningkatan kekuatan airframe, dan sistem avionik baru.

Dapur pacu CH-47F Chinook disokong dua mesin Honeywell T55-GA-714A turboshaft, yang tiap mesin dapat menghasilkan tenaga 4733 shp. Dengan performa ini menjadikan CH-47F menjadi helikopter yang lebih cepat dibanding helikopter serbu dan helikopter angkut pada umumnya, dimana kecepatan maksimum CH-47F bisa sampai 300 km per jam.

Baca juga: Boeing CH-47 -: Pilihan Indonesia, Inilah Varian Tercanggih Keluarga Chinook

Jumlah awak CH-47F masih sama dengan varian terdahulu, yakni tiga orang terdiri dari pilot, copilot dan flight engineer. Sebagai elemen kavaleri udara, CH-47F umumnya dilengkapi dua door gun/minigun kaliber 7,62 mm pada sisi kiri dan kanan. Bahkan di ujung pintu rampa juga ditempatkan gunner dengan senjata serupa dengan kaliber 7,62 mm. (Gilang Perdana)

27 Comments