AU AS Umumkan Pembentukan Skadron F-35A Pertama di Luar Negeri

Kabar tentang jet tempur stealth F-35 Ligthning II selalu menarik untuk dicermati, terkhusus jet tempur inilah yang bakal ‘menjepit’ Indonesia, lantaran bakal dioperasikan Singapura dan telah digunakan Australia. Namun, kali ini kabar datang dari Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF), dimana untuk pertama kalinya akan dibentuk skadron F-35A di luar wilayah AS.

Baca juga: Inggris Akuisisi Rudal Jelajah Spear 3 untuk Armada Jet Tempur F-35B

Dikutip dari Janes.com (17/2/2021), satuan tempur baru yang dimaksud diberi label 495th ‘Valkyries’ Squadron. Pengumuman pembentukan skadron tempur telah diumumkan pada 16 Februari lalu oleh 48th Fighter Wing, yang menjadi induk skadron tempur AU AS yang berpangkalan di Lanud RAF Lakenheath, Inggris. Skadron tempur baru itu punya slogan “Mala Ipsa Nova” atau “Bad News Itself.”

Kabarnya, unit perdana F-35A skadron 495th akan tiba pada pada akhir 2021. Nantinya akan ada dua skadron F-35A yang akan ditempatkan AU AS di RAF Lakenheath. Secara keseluruhan, AU AS akan menerima 1.763 unit F-35A, dimana 284 unit saat ini telah dioperasikan.

Lepas dari penempatan armada F-35A milik AS di Inggris, Negeri Britania juga diketahui sebagai pengguna dari F-35, namun yang dioperasikan AU Inggris (Royal Air Force) adalah F-35B, yaitu varian short takeoff and vertical landing (STOVL). Uniknya F-35B di Inggris dioperasikan bersama oleh Angkatan Udara dan Angkatan Laut, lantaran F-35B dipersiapkan untuk beroperasi dari kapal induk HMS Queen Elizabeth dan HMS Price of Wales.

Dari 138 unit yang akan diakuisisi, saat ini baru 21 unit yang diterima AU Inggris, dimana 18 unit kini telah beroperasi di kapal induk HMS Queen Elizabeth. Kapal induk tersebut dapat membawa 36 unit F-35B dan 14 helikopter angkut sedang.

Baca juga: Bawa Dua Skadron F-35B, Kapal Perang (Induk) Terbesar Inggris HMS Queen Elizabeth Bersiap ke Laut Cina Selatan

Rencananya dalam misi ke Laut Cina Selatan, komposisi kekuatan udara yang dibawa HMS Queen Elizabeth terdiri dari dua skadron F-35B Lightning II, yaitu berasal dari unsur AU Inggris dan F-35B milik Korps Marinir AS. (Bayu Pamungkas)

18 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *