Armada Utara Rusia Terima “Admiral Golovko” – Unit Ketiga Frigat Gorshkov Class dengan Peluncur Rudal Hipersonik Tsirkon

Berlokasi Saint Petersburg, pada hari Natal, 25 Desember 2023, berlangsung sebuah seremoni di Severnaya Verf yang dihadiri Presiden Rusia Vladimir Putin, yakni penyerahan (komisioning) unit ketiga frigat Admiral Gorshkov class (Project 22350) – Admiral Golovko, yang akan dilayarkan menuju pangkalannya di Arktik untuk memperkuat Armada Utara Rusia.

Baca juga: Bawa Rudal Hipersonik Tsirkon, Frigat Admiral Gorshkov Rusia Unjuk Gigi di Laut Norwegia

Pada frigat sepanjang 135 meter itu telah dikibarkan bendera putih dan biru Angkatan Laut di tiang kapal sebagai tanda masuknya kapal tersebut ke dalam kekuatan armada. Selain Admiral Golovko, dalam seremoni tersebut juga diserahkan kapal cepat rudal Naro-Fominsk (Buyan-M class) dan kapal penyapu ranjau Lev Chernavin (Alexandrit class), di mana keduanya akan ditempatkan di Armada Baltik.

Dikutip Thebarentsobserver.com, Kapten kapal Admiral Golovko, Andrei Slavin, menyebut frigatnya adalah Gorshkov class yang paling modern. Dibandingkan dengan dua kapal sebelumnya, Admiral Golovko memiliki peralatan yang lebih modern serta persenjataan dan kemampuan manuver yang lebih baik. Sebelum Admiral Golovko, Armada Utara Rusia telah mengoperasikan dua unit frigat Gorshkov class, yakni Admiral Gorshkov dan Admiral Kasatonov. Kedua kapal masing-masing bergabung di Armada Utara pada tahun 2018 dan 2020.

Fregat baru ini merupakan salah satu kekuatan angkatan laut Rusia yang paling kuat. Mereka dirancang dan dibangun untuk berbagai operasi, termasuk pertempuran dengan kapal permukaan dan kapal selam musuh, serta operasi pesisir, pertahanan udara, penjagaan perbatasan dan kerja sama dengan marinir. Rencananya masih ada tujuh unit Gorshkov class yang akan dibangun untuk memperkuat Armada Utara, Laut Hitam dan Pasifik.

Gorshkov class dilengkapi dengan beberapa jenis senjata maut, termasuk rudal jelajah Kalibr. Frigat ini juga dapat membawa rudal jelajah anti kapal hipersonik Tsirkon.

Sekilas tentang Admiral Gorshkov Class, frigat ini digarap Rusia dalam kode Project 22350. Dibangun oleh galangan Severnaya Verf di Saint Petersburg, frigat dengan bobot standar 4.500 ton ini direncanakan untuk dibangun sebanyak 10 unit. Admiral Gorshkov yang berlaku sebagai lead ship dan telah bertugas di Armada Utara Rusia. Total enam unit akan diserahkan pihak galangan ke Angkatan Laut Rusia pada tahun 2025.

Admiral Gorshkov dibekali rudal anti kapal 16 (2 × 8) UKSK VLS (Vertical Launching System) cells untuk rudal Kalibr, Oniks atau Tsirkon. Kemudian ada rudal hanud jarak sedang 32 (2 × 16) Redut VLS cells untuk rudal 9M96, 9M96M, 9M96D/9M96DM(M2) atau quad-packed 9M100.

Sebagai senjata utama pada haluan dipilih meriam Amethyst/Arsenal A-192M naval gun kaliber 130 mm. Untuk menagkal serangan udara jarak dekat, Admiral Gorshkov dibekali dua pucuk kanon Kashtan CIWS (Close In Weapon System).

Sementara untuk mengadapi kapal selam, Admiral Gorshkov punya 2 × 4 torpedo tubes Paket-NK anti-torpedo/anti-s kaliber 330 mm. Frigat dengan bobot penuh 5.400 ton ini dibekali fasilitas hanggar dan dapat menampung satu helikopter anti kapal selam Kamov Ka-27.

Admiral Gorshkov Class – Era Baru Frigat Stealth Multirole Rusia

Dapur pacu Admiral Gorshkov mengandalkan 2 shaft CODAG (Combined Diesel and Gas). Rinciannya terdiri dari 2 mesin 10D49 cruise diesel engines dengan kekuatan 5.200 shp dan 2 M90FR boost gas turbines dengan kekuatan 27.500 shp. Total tenaga yang dipunyai kapal perang ini mencapai 65.400 shp. Kecpatan maksimum dipatok 25 knots dan kecepatan jelajah 14 knots untuk pelayaran sejauh 8.980 km. (Haryo Adjie)

One Comment