Armada Pasifik Rusia Resmi Operasikan B-603 Volkhov, Kapal Selam yang Disebut Paling Senyap Tanpa Teknologi AIP

Jagad siluman bawah laut di Pasifik ketambahan keluarga baru, yaitu dengan resmi beroperasinya kapal selam Vashavyanka Class terbaru milik AL Rusia, B-603 Volkhov lewat sebuah upacara di Saint Petersburg. Vashavyanka Class lebih dikenal sebagai “Kilo Class Next Generation,” lantaran desain kapal selam diesel listrik ini adalah penyempurnaan dari Kilo Class.

Baca juga: Vashavyanka Class – “Kilo Class Next Generation” Telah Memulai Uji Pelayaran

Mengutip sumber dari navyrecognition.com (26/10/2020), disebutkan B-603 Volkhov telah remsi menjadi kekuatan Armada Pasifik Rusia, dan rencananya sampai tahun 2024, AL Rusia akan menerima enam kapal unit improved Project 636.3 Kilo Class ini dan memperkuat kehadirannya untuk Armada Pasifik pada tahun 2025.

B-603 Volkhov dibangun oleh galangan Admiralty (United Shipbuilding Corporation), dimana kapal selam ini mulai dibangun pada Juli 2017 dan diluncurkan pada Desember 2019. Sebelumnya Admiralty telah meluncurkan unit perdana, yaitu Petropavlovsk-Kamchatsky yang diluncurkan pada Maret 2019 dan telah diserahterimakan ke AL Rusia pada 25 November 2019.

Vashavyanka Class punya bobot 4.000 ton dan sanggup melesat dengan kecepatan 20 knots saat menyelam. Dengan kemampuan menyelam hingga kedalaman 300 meter, Vashavyanka Class dapat berlayar terus-menerus (tanpa bekal ulang) selama 45 hari dan berlayar sejauh 12.000 km.

Diawaki oleh 52 personel, selain heavy torpedo, bekal persenjataan Kilo Class Next Generation mencakup rudal anti kapal Kalibr (3M-54 dan 3M-541) untuk menyerang sasaran di permukaan, kemudian ada rudal jelajah 3M-14 untuk menyerang ke daratan.

Vashavyanka Class dirancang lebih senyap dari Kilo Class, salah satunya dengan adopsi lapisan anechoic khusus yang diterapkan pada permukaan lambung luar untuk mengurangi kebisingan yang berasal dari interiornya. Pembangkit utama kapal selam ini juga diisolasi menggunakan karet untuk mencegah adanya getaran. Pihak galangan malah berani sesumbar bila ini merupakan kapal selam dengan tingkat kesenyapan paling baik di dunia.

Dengan segala keunggulannya, Vashavyanka Class justru tidak mengadopsi teknologi Air-Independent Propulsion (AIP), yang oleh pihak Rusia disebut-sebut malah dapat mengurangi kapabilitas stealth sebuah kapal selam.

Baca juga: Spektakuler! Video Ini Perlihatkan Iran Pindahkan Kapal Selam Kilo Class dengan Truk Trailer

Saat ini, ada unit Vashavyanka Class yang sedang dalam proses pembangunan di galangan Admiralty, yaitu Magadan dan Ufa, dimana kedua kapal selam saat ini telah melewati fase uji hidrolik. AL Rusia menyebut proyek pembangunan Vashavyanka Class sejauh ini berjalan sesuai jadwal dan kontrak. (Gilang Perdana)

19 Comments