APC Namer Rontok Disengat Rudal Anti Tank Hamas, Tewaskan Delapan Prajurit Israel

Ranpur lapis baja angkut personel atau Amoured Personnel Carrier (APC) Namer milik Israel kembali menjadi sorotan, setelah Namer yang membawa delapan pasukan itu disengat rudal anti tank dalam jarak sangat dekat di Gaza. Kedelapan pasukan Israel dlaporkan tewas dalam serangan tersebuk, dan video yang memperlihatkan detik-detik serangan terhadap Namer menjadi viral di jagad media sosial.

Baca juga: Tandem dengan MBT Merkava, Namer APC Jadi Andalan Infanteri Israel dalam Serbuan Darat ke Gaza

Seperti terlihat dalam video yang diposting akun X @zhao_dashuai, Namer Israel bergerak perlahan dalam reruntuhan bangunan di Gaza, dan secara tak terduga sebuah serangan rudal anti tank dari pejuang Hamas mengenai telak sisi lambung ranpur tersebut, dan seketika menciptakan ledakan kuat.

Dari tampilan Namer jauh lebih besar dari APC lawas M113, lantaran bodi Namer mengambil sasis MBT (Main Battle Tank), maka ada pula yang mengkategorikan Namer sebagai Heavy Armored Personnel Carrier. Namer yang berarti Harimau, adalah elemen utama dari modernisasi yang dicanangkan Angkatan Bersenjata Israel (IDF).

Desain Namer terbaru didasarkan pada sasis MBT Merkava Mk4. Sementara, prototipe pertama Namer, yang disebut Namera (Harimau Betina), didasarkan pada sasis MBT Merkava Mk1 yang dianggap sudah ketinggalan zaman.

Saat ini Namer diklaim sebagai salah salah satu APC paling terproteksi di dunia, yang memberi tingkat perlindungan pada infanteri dan mobilitas yang setara dengan MBT terbaru. Batch pertama Namer dikirimkan pada tahun 2008. Pada tahun 2017 Israel berencana untuk mengakuisisi total 170 unit Namer. Awalnya direncanakan 386 kendaraan namun kemudian jumlah ini berkurang karena pemotongan anggaran.

Namer dilengkapi dengan proteksi armor modular dan Meil Ruach active protection system, yang umumnya dikenal sebagai Trophy active protection system (APS). Untuk pertama kalinya sistem proteksi aktif digunakan sebagai elemen integral. Kendaraan juga dilengkapi dengan perlindungan NBC dan sistem pencegah kebakaran otomatis. Secara umum, Namer menawarkan tingkat perlindungan yang sama dengan Merkava Mk.4.

Namer dipersenjatai dengan stasiun senjata yang dikendalikan dari jarak jauh (RCWS), dengan andalan senapan mesin berat (SMB) 12,7 mm, yang dapat diganti dengan peluncur granat otomatis 40 mm. Selain itu, ada juga senapan mesin 7,62 mm yang dioperasikan secara manual, dipasang di atas atap. Namer dalam operasinya didukung battlefield management system generasi terbaru.

Namer APC punya berat tempur 50 ton, dengan dimensi panjang 7,5 meter, lebar 3,8 meter dan tinggi 2 meter. Namer dioperasikan dua awak dan menyediakan akomodasi untuk 10 prajurit infanteri atau dua tandu. Pasukan masuk dan keluar kendaraan melalui pintu belakang (ramp door), sementara ada dua lubang palka di atap lambung untuk komandan dan penembak. (Gilang Perdana)

Israel Masuk ke Rafah dengan “Zelda” – Inilah Profil Ranpur Tanpa Awak dari Platform APC M113

3 Comments