Angkatan Udara Filipina Order (Lagi) Enam Unit NC-212i dari PT Dirgantara Indonesia

Bertempat di kantor Department of National Defense (DND), Quezon City, Filipina, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dan DND Philippines, pada 13 April 2032, telah menandatangani kontrak pengadaan 6 (enam) unit pesawat NC212i beserta suku cadangnya, yang kemudian akan dioperasikan oleh Philippines Air Force.

Baca juga: PT DI Kirim Unit Keempat NC-212i “Troop Transport” Untuk Skadron Udara 4 TNI AU

Kontrak pengadaan tersebut ditandatangani oleh Group Head Commercial PT DI, Indar Atmoko dan disaksikan oleh Engr. Samuel A Castro mewakili Kementerian Pertahanan Nasional Filipina.

Saat kunjungan kerja Presiden Filipina, Marcos Jr. ke Jakarta bertemu Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 5 September 2022, telah disampaikan juga terkait komitmen Filipina untuk merealisasikan rencana pembelian pesawat NC212i dari PT DI. Hingga pada akhirnya kontrak pengadaan pesawat tersebut dapat terlaksana, sebagaimana hasil tindak lanjut dari penetapan pemenang tender (notice of award) oleh DND Philippines yang telah diumumkan pada tanggal 10 Maret 2023.

Baca juga: PT DI Kirim NC-212i “Rain Maker” Pesanan Thailand

Selain kontrak pengadaan pesawat, PT DI juga memperoleh kontrak perawatan 2 (dua) unit pesawat NC212i Philippines Air Force yang dibeli dari PT DI pada tahun 2014, dimana kedua pesawat tersebut akan diterbangkan ke Bandung pada akhir bulan April 2023 dan dilaksanakan perawatannya di fasilitas PTDI Bandung.

Pengadaan 6 unit NC212i ini adalah kelanjutan dari pengadaan 2 unit sebelumnya di tahun 2014.

7 Comments