Angkatan Darat Belanda Luncurkan Prototipe IFV CV9035NL Mid Life Upgrade – Dibekali Rudal Anti Tank dan Iron Fist APS

Meski ranpur lapis baja Infantry Fighting Vehicle (IFV) CV90 adalah produksi Swedia, namun Belanda dikenal sebagai salah satu pengguna terbesar ranpur CV90, yang disebut-sebut sebagai salah satu IFV terbaik di dunia. Angkatan Darat Belanda sejak tahun 2008 mengoperasikan tidak kurang dari 193 unit CV9035NL (varian CV90 untuk Belanda).

Baca juga: CV9040 – Salah Satu IFV Terbaik di Dunia, Donasi dari Swedia untuk Ukraina yang ‘Disita’ Rusia

Dan pada 2 Juli 2024, Kementerian Pertahanan Belanda meluncurkan prototipe varian upgrade CV9035NL dalam paket Mid Life Upgrade (MLU). Prototipe varian upgrade disebut sebagai First of Type 4 (FoT4). Ranpur IFV hasil modernisasi ini dilengkapi dengan turret D35 baru yang menjadi komponen kunci dari CV90 varian Mk.IV, meskipun ranpur ini tetap mempertahankan lambung Mk.III. Konfigurasi hybrid ini menggabungkan beberapa peningkatan mutakhir, yang membedakannya dari pendahulunya.

Turret D35 adalah keunggulan dari CV90 yang dimodernisasi yang dilengkapi dengan kanon 35mm dan modul COAPS-L (Compact Optoelectronic Advanced Stabilized System) yang dipasang di tiang. Sistem ini secara signifikan meningkatkan kemampuan pengawasan dan penargetan kendaraan. Selain itu, turretnya mencakup Iron Fist Active Protection System (APS) dan pod rudal anti tank, Spike-LR2 Anti-Tank Guided Missile.

Arsitektur elektronik CV9035NL MLU juga telah mengalami perbaikan substansial, mengintegrasikan teknologi modern untuk meningkatkan fungsionalitas keseluruhan dan interoperabilitas dengan sistem militer lainnya.

Meskipun turret D35 mewakili kemajuan besar, ranpur ini tetap mempertahankan lambung Mk.III dengan beberapa peningkatan. Pendekatan ini menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia, memanfaatkan keandalan platform Mk.III yang telah terbukti sekaligus mengintegrasikan fitur-fitur canggih dari varian Mk.IV. Konfigurasi ini juga dipilih untuk Angkatan Bersenjata Ukraina dan Swedia. Namun, perlu dicatat bahwa versi Ukraina tidak mungkin menggunakan sistem ATGM atau APS, dan hanya berfokus pada kemampuan lain.

CV90 Mk.IV yang diproduksi secara serial pertama akan dikirim ke Slovakia dan Republik Ceko, dengan total 398 kendaraan yang dipesan. Upaya kolaboratif ini menyoroti komitmen berkelanjutan negara-negara Eropa untuk memodernisasi kemampuan militer mereka dan memastikan interoperabilitas di antara sekutu NATO.

Model CV9035NL MLU pertama akan diperkenalkan pada awal September tahun ini, menandai dimulainya era baru bagi Angkatan Darat Belanda.

Dari jumlah 193 unit CV9035NL yang dioperasikan Angkatan Darat Belanda, bulan sebanyak 44 unit CV9035NL pada Desember 2021 dijual ke Estonia. Selama tahun 2021, pesanan untuk CV9035NL MLU mencapaij 128 unit, dan dilengkapi rudal anti-tank Spike LRII terintegrasi. Pada tanggal 11 Juni 2024, pesanan dilakukan untuk 15 sistem mortir self-propelled Mjolner berdasarkan CV90, yang dijadwalkan akan dikirimkan pada tahun 2028. (Gilang Perdana)

Elbit Systems Pasok Iron Fist Active Protection System untuk Ranpur IFV CV90