Alvis Stormer Recovery: Varian Lapis Baja ‘Penolong’ di Medan Perang

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang tiga ranpur Stormer Batalyon Kavaleri 9 yang ditampilkan pada Pameran Alutsista di Lapangan Monas pada 27 – 29 September 2018, yang terdiri dari Stormer APC, Stormer Recovery dan Stormer Command Post. Maka giliran kita kupas sekilas tentang Stormer ARV (Armoured Recovery Vehicle). Persisnya Stormer Recovery punya penampakan yang berbeda dan mudah dikenali diantara keluarga tank Stormer.

Baca juga: Alvis Stormer Command Post – Mengenal Kendaraan Komando ‘Bertenda’ di Kavaleri TNI AD

Cirinya yang langsung mudah dikenali adalah pada bagian atas ranpur terdapat crane full swing. Perangkat ini disebut-sebut mampu mengangkat beban sampai 1,5 ton. Crane dengan tenaga hidrolik mekanis ini berperan untuk mendukung operasi perbaikan dan evakuasi pada ranpur lain yang mengalami kerusakan dalam medan pertempuran.

Tidak sebatas crane, Stormer ARV ini dapat membawa aneka ‘perkakas dan suku cadang’ untuk keperluan service di lapangan. Stormer ARV punya peran untuk menarik kendaraan yang mengalami kerusakan, persisnya terdapat winch di bagian belakang. Jika diperhatikan, pada bagian belakang kendaraan terdapat dua spade anchor yang dirancang untuk mempertahankan posisi kendaraan saat proses penarikan lewat winch dilakukan.

Serupa tapi tidak sama, model spade anchor alias jangkar pada bagian belakang kendraraan, pada dasarnya mirip dengan M113A1-B-Rec, yakni ranpur reparasi dari keluarga M113A1 yang digunakan Batalyon Infanteri Mekanis TNI AD.

Baca juga: M113A1-B-Rec – Ranpur Reparasi Andalan Yonif Mekanis TNI AD

Alvis Stormer ARV disokong mesin diesel Perkins Phaser 250 HP military turbo charger. Dengan transmisi otomatis, dan kapasitas bahan bakar 330 liter, ranpur yang didatangkan pada periode 1995 – 1997 ini dapat melesat di jalam mulus sampai 80 km per jam. Jarak jelajah ranpur roda rantai ini bisa mencapai 650 km.

Untuk mengawaki tank reparasi ini diperlukan empat kru. Bobot tempurnya mencapai 12,5 ton. Berdasarkan catatan, ranpur besutan Alvis ini telah dbuat sejak 1981, sementara resmi digunakan Kavaleri TNI AD pada tahun 1997. (Bayu Pamungkas)

10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *