Seputar DSEI 2019Klik di Atas

Alvis Stormer Command Post: Mengenal Kendaraan Komando ‘Bertenda’ di Kavaleri TNI AD

Ada tiga unit ranpur Alvis Stormer yang dihadirkan Batalyon Kavaleri 9 Satya Dharma Kala saat Pameran Alutsista di Lapangan Monas pada 27 – 29 September 2018. Ketiganya terdiri dari Stormer APC, Stormer Recovery dan Stormer Command Post. Dan diantara ketiganya, Stormer Recovery dan Stormer Command Post, mempunyai sisi menarik tersendiri.

Baca juga: Alvis Stormer Armored Battlefield Ambulance, Generasi Tank Ambulans Modern Kavaleri TNI AD

Khusus tentang Stormer Command Post, ranpur ini secara garis besar mirip dengan Stormer APC, bila ditengok dari dimensi dan bobot, pun keduanya setali tiga uang. Namun, sesuai asasinya, Stormer Command Post dirancang khusus oleh Alvis, persisnya ranpur ini memiliki konfigurasi kompartemen yang sarat dengan perangkat komunikasi. Ya, lantaran peran Stormer Command Post sebagai kendaraan komando untuk mengendalikan pergerakan mulai dari kompi sampai batalyon kavaleri Stormer dan tank ringan Scorpion.

Meski belum diketaui persis apa detail jeroan yang ada di dalam Stormer Command Post, namun beberapa literasi menyebut beberapa perangkat radio telah dibenamkan di ranpur ini, persisnya ada empat unit radio, terdiri dari dua unit radio VHF untuk komunikasi permukaan ke permukaan, kemudian satu radio HF untuk komunikasi dari darat ke udara (pesawat/helikopter) dan satu unit radio UHF.

Sebagai kendaraan komando, ranpur ini dibekali generator pada sisi kiri kendaraan untuk mendukung gelar sistem radio pada saat penggelaran pos komando statis. Nah, peran penggelaran sebagai pos komando statis menjadi cirri khas dari Stormer Command Post, pasalnya pada bagian belakang, tepat di atas pintu terdapat ruang untuk penempatan tenda, berikut dudukan untuk pemasangan tenda.

Penggelaran tenda dalam moda pos komando statis.

Dalam perannya sebagai pos komando statis, bagian belakang Stormer bisa ‘disambungkan’ denhan tenda untuk perluasan aktivitas kru dan perangkat lainnya.

Jumlah kru Stormer Command Post bergantung pada setiap misi, namun umumnya terdiri dari enam sampai delapan orang untuk mengoperasikan radio dan kendali, tiga diantaranya terdiri dari pengemudi, komandan, dan penembak SMB (Senapan Mesin Berat) M2HB 12,7 mm.

Perbedaan bagian belakang Stormer, varian Command Post (kiri) dan varian APC (kanan).

Baca juga: Alvis Stormer AVLB – Sarana Darurat Satuan Kavaleri TNI AD

Alvis Stormer Command Post disokong mesin diesel Perkins Phaser 250 HP military turbo charger. Dengan transmisi otomatis, dan kapasitas bahan bakar 330 liter, ranpur yang didatangkan pada periode 1995 – 1997 ini dapat melesat di jalam mulus sampai 80 km per jam. Jarak jelajah ranpur roda rantai ini bisa mencapai 650 km. (Bayu Pamugkas)

One Comment