Alih-alih Pensiun, Argentina Bakal Terus Operasikan A-4AR Fightinghawk Dampingi F-16 Eks Denmark

Rencananya mulai akhir tahun ini, Angkatan Udara Argentina akan kedatangan batch perdana dari total 24 unit jet tempur F-16 AM/BM yang dibeli bekas dari Denmark. Dengan kedatangan Elang Penempur, lantas menjaid pertanyaan, apakah Argentina nantinya akan memensiunkan jet tempur ringan A-4AR Fightinghawk?

Baca juga: Jelang Kedatangan F-16, Argentina Alokasikan Dana US$15 Juta untuk Penyiapan Infrastruktur di Pangkalan Udara

Meski sudah mendapatkan paket upgrade dari Lockheed Martin, yang menjadikan A-4 Skyhawk punya teknologi setara F-16, namun, usia pesawat tak bisa ‘dibohongi’, bahwa Skyhawk adalah platform pesawat tempur yang sudah sangat tua. Argentiina sendiri ‘terpaksa’ menjalankan paket upgrade karena alasan kekurangan biaya untuk mengakuisisi pesawat tempur pada beberapa tahun lalu.

Seperti dikutip Zona Militar – zona-militar.com (24/5/2024), selama beberapa hari terakhir, informasi di media sosial Argentina telah memunculkan berita bahwa Angkatan Udara Argentina bermaksud untuk mempensiunkan pesawat serang A-4AR Fightinghawk secara definitif menyusul akuisisi pesawat tempur F-16 AM/BM dari Denmark.

Namun, sumber di militer Argentina memastikan bahwa proyek awal untuk memulihkan armada A-4AR memiliki prospek yang menjanjikan di masa depan meskipun usia pesawat tersebut sudah tua.

Pada pemerintahan Argentina sebelumnya, ada niat untuk memodernisasi sistem senjata A-4AR, bahkan mengusulkan untuk menambah unit operasional menjadi total dua belas unit. Meskipun hal ini tidak tercapai dalam empat tahun pengelolaan, dan hanya setengah lusin unit operasional yang dipertahankan, dalam beberapa kasus terdapat kesulitan dalam mencapai kemampuan operasional penuh karena masalah anggaran/material. Pemulihan siklus sistem logistik masih terus diupayakan, karena ini adalah satu-satunya pesawat tempur yang beroperasi di Argentina dan dirancang untuk memenuhi peran tempur udara ke udara dan udara ke permukaan.

Masih dari sumber yang sama, A-4AR Fightinghawk dipastikan dapat beroperasi bersamaan dengan F-16 Fighting Falcon, setelah mulai resmi digunakan pada tahun 2025. Alih-alih pensiun, justru ada kabar adanya permintaan pembelian material yang dimaksudkan untuk A-4AR Fightinghawk, dalam hal ini, lebih dari 100 elemen dan perlengkapan diharapkan akan digunakan untuk pemulihan siklus sistem logistik dari sistem yang ditetapkan.

Karena pemeliharaan sistem senjata A-4AR selama pemerintahan saat ini, maka diperkirakan kekuatan A-4AR Fightinghawk akan mencapai selusin pesawat operasional, yang nantinya akan berkolaborasi dengan F-16 AM/BM.

A-4N “Aggressor” Milik Top Aces Jadi Skyhawk Tercanggih, Dilengkapi Radar AESA dan IRST

A-4AR Fightinghawk aslinya adalah varian A-4M Skyhawk yang di-upgarde oleh Lockheed Martin dengan mengacu pada avionik standar yang ada pada F-16 Fighting Falcon, itu sebabnya kemudian diberi label “Fightinghawk.”

Merujuk ke sejarahnya, Amerika Serikat menawari 36 unit armada A-4M bekas pakai milik USMC (Marinir AS) pada tahun 1994. Dengan nilai US$282 juta, kontrak digawangi oleh Lockheed Martin Aircraft Argentina SA yang akan melakukan upgrade pada 32 unit A-4M dan 4 unit TA-4M (tandem seat).

Saat menjelma sebagai A-4AR Fightinghawk, jet tempur jawara Perang Vietnam ini sudah dibekali perangkat elektronik yang terbilang modern. Beberapa item yang dipasang oleh Lockheed Martin mencakup instalasi Douglas Escapac 1-G3 ejection seats, HOTAS controls, Litton/Northrop Grumman LN-100G inertial navigation system, MIL-STD-1553B data bus, Two General Dynamics Information Systems AN/AYK-14 mission computers, Northrop Grumman AN/ALR-93 (V)1 Radar warning receiver, TV and laser spot tracker Hughes AN/ASB-19 Angle Rate Bombing System, AN/ALQ-126B jammer, AN/ALQ-162 jammer, ALR-47 chaff/flare dispenser dan AN/APX-72 IFF (Identification Friend or Foe).

Pantang Pensiun, AL Brasil Terima A-4 Skyhawk Varian Upgrade Terakhir

Unit perdana yang berhasil dikonversi sebagai A-4AR Fightinghawk terbang perdana pada Desember 1997 dan program upgrade tuntas keseluruhan pada tahun 1999. Ciri khas yang tetap dipertahankan pada jet tempur ini adalah antena probe yang memungkinkan A-4AR untuk melakukan air refueling.

Dari aspek persenjataan, sebagai jet tempur ringan, A-4AR Fightinghawk mengandalkan kanon organik 2x Colt M12 kaliber 20 mm, dimana tiap laras disiapkan dengan 100 munisi. Sementara itu, rudal yang bisa dibawa adalah 2 unit AIM-9M Sidewinder dan 4,5 ton bom dalam lima hard point. (Gilang Perdana)

Lockheed Martin A-4AR Fightinghawk – Jet Tempur Skyhawk ‘Reborn’ dengan Avionik F-16 Fighting Falcon

6 Comments