AL Turki Lakukan Uji Tembak Atmaca, Rudal Anti Kapal Produksi Dalam Negeri

Terlepas dari kerenggangan hubungan politik dan pertahanan dengan Amerika Serikat, Turki sejak lama telah dikenal serius memajukan indstri pertahanan dalam negerinya. Salah satu yang belum lama ini tersiar kabarnya adalah uji coba penembakan rudal anti kapal Atmaca dari korvet TCG Kinaliada (F-514) di Laut Hitam pada 3 November lalu. Rudal besutan Roketsan ini digadang sebagai pengganti Boeing RGM-84 Harpoon buatan AS.

Baca juga: [Polling] RGM-84L Harpoon Block II RAN: Lawan Tanding Terberat Rudal Anti Kapal Yakhont TNI AL

Atmaca yang berarti Elang, merupakan rudal anti kapal yang dikembangkan dalam lingkup proyek MILGEM, yaitu program pengembangan kapal perang nasional Turki (korvet Ada Class). Dirunut sari silsilahnya, Roketsan resmi mendapatkan kontrak penelitian dan pengembangan fase pertama pada tahun 2009, dan baru tahun 2012, proyek pengembangan Atmaca dipacu secara penuh di bawah naungan Kementerian Pertahanan.

Uji coba penembakan perdana Atmaca dilakukan di permukaan (land based) pada Maret 2017. Setelan itu, pihak Roketsan menyebut rudal tersebut akan memasuki fase pengujian akhir. Kontrak produksi Atmaca untuk AL Turki akhirnya diraih Roketsan pada 29 Oktober 2018. Dan pada 3 November 2019, merupakan uji penembakan perdana Atmaca dari atas kapal perang permukaan.

Dikutip dari Navalnews.com, Atmaca disebut sebagai rudal anti kapal yang melesat pada level kecepatan subsonic Mach 0.85 dan terbang pada ketinggian sea skimming. Disokong microturbo engine Safran TR40, Atmaca punya jarak tembak hingga 200 km. Bobot rudal ini mencapai 800 kg, sudah termasuk dengan berat hulu ledak 250 kg high-explosive penetrating.

Dari dimensi, Atmaca punya panjang 5,2 meter, diameter 350 mm dan lebar wingspan 1,4 meter. Bagaimana dengan sistem pemandunya? Rudal lansiran Negeri Ottoman ini mengandalkan kombinasi untuk berupa inertial navigation system, GPS (Global Positioning System), barometric altimeter/radar altimeter dengan terminal guidance melalui active radio frequency (RF) seeker.

Baca juga: Roketsan Yatagan – Rudal Berpemandu Laser untuk Infanteri dengan Kaliber 40mm

Pihak manufaktur menyebut, Atmaca dirancang agar efektif untuk melibas sasaran di laut lepas, laut pesisir dan sasaran yang berada di kawasan pantai. (Gilang Perdana)

6 Comments