Akhirnya! Gelombang Pertama Sistem Rudal S-400 Telah Tiba di Turki

Presiden Recep Tayyip Erdogan telah membuktikan keteguhan sikapnya atas tekanan Amerika Serikat. Setelah sebelumnya diwartakan batch pertama sistem rudal hanud S-400 tengah dalam proses dikirim ke Turki, berita terbaru dari Kementerian Pertahanan Turki telah memastikan kehadiran gelombang perdana paket rudal S-400 di salah satu basis militer dekat kota Ankara.

Baca juga: ‘Timbun’ Suku Cadang F-16, Turki Siap Terima Gelombang Pertama Rudal Hanud S-400

Mengutip dari situs aljazeera.com (12/7/2019), batch pertama rudal S-400 telah tiba di Lanud Murted, tidak jauh dari Ankara. Direktorat industri pertahanan Turki menjelaskan bahwa pengiriman suku cadang akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang. Setelah benar-benar siap, sistem hanud akan langsung dioperasikan secara penuh. Beberapa analis menyebut sistem hanud S-400 akan siap penuh pada Oktober 2019.

Kontrak pengadaan rudal S-400 antara Turki dan Rusia telah ditandatangani pada akhir 2017 dengan nilai US$2,5 miliar. Dengan telah tibanya rudal S-400, maka Turki kini secara terbuka telah berseberangan dengan Amerika Serikat, yang notabene adalah sekutunya dalam NATO. Seperti diulas sebelumnya, sejak 2018 Donald Trump telah mengancam sanksi Countering America’s Adversaries Through Sanctions Act (CAASTA) kepada Turki terkait rudal S-400. Dengan pembelian S-400, tentu berdampak besar pada nasib kerjasama industri pertahanan Turki dan Amerika Serikat.

Turki beralih ke S-400 Rusia setelah setelah gagal membujuk AS untuk berbagi teknologi dari sistem rudal Patriot sebagai bagian dari kesepakatan akuisisi. Usaha AS untuk mencegah Turki berpaling ke Rusia juga sudah dilakukan, seperti usaha Departemen Pertahanan AS yang tahun lalu menyetujui kemungkinan penjualan baterai rudal Patriot senilai US$3,5 miliar ke Turki. Sementara pihak Turki kadung ragu atas upaya AS, lantaran proses akuisisi Patriot mendapat hadangan dari senat, terutama dari kubu oposisi pemerintah.

Baca juga: Tak Peroleh S-400 dari Rusia, Iran Rilis Sistem Rudal Hanud Khordad 15

S-400 merupakan sistem yang terdiri dari radar multifungsi, sistem pendeteksi mandiri, rudal anti-serangan udara, tabung peluncur, dan kendaraan komando. Paket sistem rudal hanud S-400 terdiri dari empat rudal yang berbeda. Rudal 48N6DM, misalnya, mampu mengejar target hingga jarak 250 kilometer. Sedangkan rudal 40N6 memiliki jangkauan hingga 400 kilometer dan dilengkapi dengan radar aktif untuk mengendus target dari jarak jauh.

Sebuah unit S-400 dapat mendeteksi target dari jarak 600 kilometer, dan mampu menghancurkan 36 sasaran secara simultan. (Gilang Perdana)

52 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *