Ada Ranpur BMP-3 di Yuma Proving Ground Arizona, Inilah Lokasi Uji Senjata Terbesar di Dunia

(Foto: Ana Henderson)

Guna unggul dalam peperangan, maka mempelejari strategi, kekuatan dan alutsista lawan menjadi hal penting untuk dikuasai. Terkhusus tentang alutsista, setelah belum lama ada penampakan MBT (Main Battle Tank) T-90A Rusia di Louisiana yang sedang dibawa menuju Yuma Proving Ground di Arizona. Rupanya di lokasi yang sama juga terdapat ranpur lapis baja Rusia lain, yang dapat diidentifikasi sebagai BMP-3.

Baca juga: AS Dapat ‘Jackpot’, Sebuah MBT T-90A Rusia Terlihat Berada di Louisiana

Hal tersebut terungkap setelah edisi terbaru dari surat kabar Outpost yang merilis foto-foto kunjungan delegasi staf Kongres dari anggota DPR AS dan senat AS terpilih Yuma Proving Ground di Arizona. Dan salah satu foto menunjukkan kendaraan tempur infantry fighting vehicle (IFV) BMP-3 buatan Rusia yang tampaknya telah dikirim ke pusat untuk pengujian.

Tidak ada informasi lanjutan tentang sosok BMP-3 di Yuma Proving Ground, selain tampilan unik dari ranpur amfibi tersebut dengan cat warna kuning.

Yuma Proving Ground adalah sebuah fasilitas militer yang terletak di Yuma, Arizona, Amerika Serikat. Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengujian senjata dan peralatan militer, serta pelatihan pasukan.

Yuma Proving Ground juga dikenal sebagai salah satu lokasi pengujian terbesar dan paling sibuk di dunia, dengan luas sekitar 1.300 mil persegi (3.400 km persegi). Pengujian yang dilakukan di sini mencakup uji coba senjata, perlengkapan dan kendaraan militer, pengujian teknologi baru, dan lain sebagainya. Selain itu, Yuma Proving Ground juga menjadi tempat pelatihan untuk pasukan dari berbagai cabang militer AS dan negara-negara sekutunya.

Fasilitas uji ini memiliki sejarah yang panjang dalam pengujian militer di Amerika Serikat. Berikut adalah beberapa peristiwa penting dalam sejarah Yuma Proving Ground:

1. Pada tahun 1940, Departemen Perang AS memilih Yuma sebagai lokasi untuk pengujian senjata dan perlengkapan militer. Tempat ini dipilih karena memiliki cuaca yang kering dan stabil sepanjang tahun, serta wilayahnya yang luas dan terpencil.

2. Pada awal 1942, selama Perang Dunia II, Yuma Proving Ground digunakan untuk menguji bom-bom pembakar napalm yang digunakan untuk pertama kalinya pada Pertempuran Guadalcanal.

3. Pada tahun 1950-an dan 1960-an, Yuma Proving Ground digunakan untuk menguji senjata nuklir. Pada tahun 1953, uji coba nuklir “Simon” dilakukan di sini, yang merupakan uji coba senjata nuklir pertama yang menggunakan senjata taktis yang bisa dibawa oleh pasukan.

4. Selama Perang Vietnam, Yuma Proving Ground digunakan untuk melatih pasukan AS dalam teknik penerjunan dan pengendalian udara.

5. Pada tahun 1991, Yuma Proving Ground digunakan sebagai lokasi pengujian pertama dari sistem pertahanan rudal Patriot selama Operasi Badai Gurun.

Baca juga: Hantam Tiga Sasaran, Medium Tank Pindad Sukses Lakukan Uji Daya Gempur

6. Pada tahun 2001, Yuma Proving Ground digunakan sebagai lokasi pelatihan pasukan AS yang akan dikirim ke Afganistan dan Irak. (Gilang Perdana)

One Comment