Latest

APC Namer Rontok Disengat Rudal Anti Tank Hamas, Tewaskan Delapan Prajurit Israel

Ranpur lapis baja angkut personel atau Amoured Personnel Carrier (APC) Namer milik Israel kembali menjadi sorotan, setelah Namer yang membawa delapan pasukan itu disengat rudal anti tank dalam jarak sangat dekat di Gaza. Kedelapan pasukan Israel dlaporkan tewas dalam serangan tersebuk, dan video yang memperlihatkan detik-detik serangan terhadap Namer menjadi viral di jagad media sosial. (more…)

Dalam Pelayaran Perdana, Kapal Patroli Fiji RFNS Puamau (Guardian Class) Hibah dari Australia Karam

Insiden ‘memalukan’ baru saja menimpa Angkatan Laut Fiji, pasalnya baru saja menerima hibah kapal patroli RFNS Puamau (Guardian class) dari Australia. Dan dalam pelayaran patroli pertama, kapal tersebut mengalami insiden karam akibat terjebak di karang. Sebuah misi untuk menyelamatkan kapal telah dilakukan untuk meminimalkan dampak lingkungan seperti potensi tumpahan minyak. (more…)

Rantis Bushmaster Hibah dari Australia untuk PMPP TNI Tiba di Republik Afrika Tengah

Rencana hibah 15 unit rantis lapis baja MRAP (Mine Resistant Ambush Protected) Bushmaster 4×4 dari Pemerintah Australia untuk Indonesia telah digulirkan sejak September 2021. Lewat sejumlah polemik, baru pada 3 April 2023, hibah Bushmaster tanpa syarat tersebut disetujui oleh Komisi I DPR RI. Meski berstatus hibah untuk TNI, namun secara khusus Bushmaster digunakan untuk keperluan operasional PMPP (Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian) TNI. (more…)

Gantikan Peran Kopilot dengan AI, C-130J Super Hercules Bakal Terbang dengan Dua Awak Saja

C-130J-30 (long body)

Dari serangkaian keunggulan yang ditawarkan oleh pesawat angkut C-130J Super Hercules adalah jumlah awak yang sedikit. Persisnya, Super Hercules hanya diawaki oleh tiga personel – pilot, kopilot dan loadmaster. Sebagai perbandingan, seri C-130H (analog) masih membutuhkan lima personel – pilot, kopilot, navigator, flight engineer dan loadmaster. Nah, ada kabar terbaru, bahwa jumlah pengawak C-130J nantinya akan lebih sedikit lagi. (more…)

Detail Kapal Selam Serang Nuklir Terbaru Cina Type 093B Terungkap dengan 18 Unit VLS

Lantaran masih dalam tahap konstruksi, sosok kapal selam serang bertenaga nuklir (SSN) terbaru Cina, Type 093B (kode NATO Shang III class) menjadi obyek buruan intelijen AS dan Barat. Mengendus lewat citra satelit yang diarahkan pada pembangunan di Bohai Shipyard, baru dapat diterka profil kapal selam ini. Namun, secara perlahan lewat ‘remah-remah’ informasi, profil Type 093B dapat diterka dengan lebih presisi. (more…)

Dioperasikan Korps Marinir, Basis Rudal Brahmos Mulai Dibangun Menghadap ke Laut Cina Selatan

Diterbangkan menggunakan pesawat angkut C-17 Globemaster milik Angkatan Udara India, pada 19 April 2024, telah tiba rudal jelajah Brahmos  (Brahmaputra Moskva) di Pangkalan Udara Clarck, Filipina. Kehadiran Brahmos LACM (Land Attack Cruise Missile) atau rudal anti kapal untuk fungsi pertahanan pantai, dipercaya mampu menjadi efek deteren Negeri Pinoy dalam menghadapi provokasi dan ancaman dari Cina. (more…)

Sudah Punya Gripen E/F, Angkatan Udara Brasil Dikabarkan Berusaha Beli F-16 Bekas Pakai dari AS

Sepertinya ada anomali pada postur kekuatan udara angkatan bersenjata Brasil, Negeri Samba itu telah mengikat kontrak untuk akuisisi dan produksi bersama jet tempur canggih Gripen E/F (disebut Brasil dengan kode F-39) dari Saab, Swedia. Lain dari itu, Angkatan Laut Brasil sampai saat ini masih mengoperasikan varian jet tempur lawas A-4 Skyhawk yang telah mendapatkan upgrade. Dan ada kabar yang boleh jadi akan lebih banyak mengundang pertanyaan besar, yakni rumor bahwa Brasil tengah berusaha membeli jet tempur bekas F-16 Fighting Falcon. (more…)

Sesama Kapal Selam Nuklir, USS Helena (Los Angeles Class) Bayangi K-561 Kazan (Yasen M Class) di Kuba

K-561 Kazan memasuki pelabuhan Havana.

Amerika Serikat dan Kanada sejatinya tak perlu repot-repot untuk mengerahkan pesawat intai maritim P-8A Poseidon dan P-3 Orion dalam memburu kapal selam serang nuklir Rusia K-561 Kazan (Yasen M class) yang diduga melintas tak jauh dari Florida, pasalnya K-561 Kazan dengan ‘santai;’ justru berlayar di permukaan saat memasuki pelabuhan Havana di Kuba, bergabung dengan frigat Admiral Gorshkov. (more…)

Pesawat AWACS Terbaru Rusia Beriev A-100 Premier Memasuki Tahap Pengujian Akhir

Dengan endurande dan kemampuan terbang jarak jauh, Rusia rupanya tidak bisa lepas dari platform pesawat angkut berat Ilyushin Il-76 dalam pengembangan AWACS (Airborne Warning and Control System). Setelah Beriev A-50 Mainstay yang beberapa unit telah ditembak jatuh di kawasan Laut Azov, kini Rusia dikabarkan telah memasuki tahap uji akhir pada pengembangan AWACS terbaru, yakni Beriev A-100 Premier. (more…)