Latest

Polandia Terima Batch Terakhir Drone Tempur Bayraktar TB2

Polandia hingga saat ini menjadi satu-satunya negara Uni Eropa yang telah resmi menjadi pengguna drone Tempur (UCAV) Bayraktar TB2, selain status Polandia sebagai negara kedua di NATO (setelah Turki) yang mengoperasikan drone produksinya Baykar Makina tersebut. Dan belum lama berselang, bahwa Polandia telah menerima pengiriman batch terakhir Bayraktar TB2. (more…)

Perancis Akan Pensiunkan 6 Unit Floréal Class – Frigat Rasa OPV Spesialis Penempatan di Wilayah Koloni

Dengan pelepasan HMAS Anzac (FFH 150) pada tanggal 18 Mei 2024, maka dimulai tahapan Angkatan Laut Australia (RAN) untuk memensiunkan secara bertahap delapan unit frigat ANZAC class sampai tahun 2030. Dan dari seberang lautan, rupanya Angkatan Laut Perancis (Marine nationale) juga mempersiapkan untuk memensiunkan enam unit frigat yang sudah dianggap uzur, yakni frigat Floréal class. (more…)

Penyebab Kecelakaan Diketahui, Armada F-16 Fighting Falcon Singapura Kini Kembali Mengudara

Pasca insiden jatuhnya sebuah F-16 Fighting Falcon saat lepas landas pada 8 Mei lalu, Angkatan Udara Singapura (RSAF) langsung memberlakukan temporary grounded pada armada F-16, yakni guna dilakukan insepksi secara menyeluruh. Namun, ada kabar bahwa armada F-16 Singapura telah kembali diizinkan untuk terbang kembali, menyusul telah diketahuinya penyebab kecelakaan pada awal Mei tersebut. (more…)

Intelijen AS Ketar-ketir, Hotel Rössli di Swiss Milik Warga Cina Berlokasi Hanya 100 Meter dari Pangkalan F-35

Setelah belum lama ada kabar ‘penggusuran’ properti milik warga Cina yang berlokasi tidak jauh dari basis peluncur (silo) rudal balistik antarbenua di dekat Pangkalan Angkatan Udara AS (Francis E. Warren Air Force Base) di Wyoming, kini ada kabar yang masih dalam tajuk dugaan spionase yang diarahkan untuk mengamati alutsista canggih buatan AS. Namun, kali ini lokasinya bukan berada di wilayah AS, melainkan di negeri yang terkenal dengan keindahan alamnya, Swiss. (more…)

Australia Pensiunkan HMAS ANZAC (FFH 150) – Frigat Canggih dengan Usia Masih Tergolong ‘Muda’

Dari segi kecanggihan, kapal perang milik Angkatan Laut Australia (Royal Australian Navy/RAN) yang satu ini masih tergolong canggih, bahkan efek deterennya berada paling atas di antara kapal-kapal perang milik negera di Asia Tenggara. Dari segi usia pun, kapal perang ini masih tergolong muda (untuk ukuran Indonesia). Namun, pada hari ini, 18 Mei 2024, RAN secara resmi menggelar upacara untuk melepas alias memensiunkan secara resmi HMAS ANZAC (FFH 150). (more…)

Molor dari Jadwal, Airbus Baru Umumkan Desain Eurodrone Tuntaskan Tahap “Tinjauan Desain Awal”

Sejak digulirkan pada tahun 2018, program Eurodrone boleh dikata berjalan lambat, bahkan dengan meletusnya perang di Ukraina, program drone bermesin turboprop MALE (Medium Altitule Long Endurance) ini seperti telah dilupakan. Namun, Airbus Defence and Space (ADS) sebagai kontraktor utama Eurodrone rupanya masih menjalankan pengembangan Eurodrone, yakni dengan pengumuman tuntasnya tahapan Preliminary Design Review (PDR). (more…)

Cari Pengganti Type 209/1400 (Thomson Class), Postur Armada Kapal Selam Chili Jadi ‘Potret’ TNI AL di Masa Depan

Postur armada kapal selam Angkatan Laut Chili (Chilean Navy) saat ini secara tak langsung menggambarkan kekuatan satuan kapal selam TNI AL pada tujuh tahun mendatang. Pasalnya, Angkatan Laut Chili kini mengoperasikan kapal selam diesel listrik Type 209/1400, sejenis dengan Nagapasa class, dan Chili juga mengoperasikan kapal selam Scorpene class. Meski varian yang diadopsi TNI AL akan berbeda, namun konfigurasi Type 209/1400 dan Scorpene class ala Chili, kelak juga akan diadopsi Indonesia. (more…)

Drone Kamikaze Hizbullah Tembak Jatuh “Sky Dew” Israel – Low Level Airborne Ground Surveillance System

Sebagai bagian dari sistem pertahanan udara berlapis, otoritas pertahanan udara Israel sejak lama telah menggunakan balon udara pengintai atau dikenal dengan sebutan Aerostat “Sky Dew” Low Level Airborne Ground Surveillance System. Dan belum lama ini ada kabar bahwa salah satu Sky Dew berhasil ditembak kempes dan jatuh ke permukaan oleh drone kamikaze yang diluncurkan milisi Hizbullah di Lebanon. (more…)