Yamaha FZ1: Moge “Streetfighter” Andalan Paspampres

Ada yang menarik saat defile alutsista dalam HUT TNI ke-70 di Cilegon, Banten, tahun 2015 silam. Pasalnya konvoi defile alutsista untuk pertama kalinya dibuka oleh konfigurasi motor sport. Ditunggangi oleh personel dengan pakaian plus helm hitam, menjadikan sosok pasukan bermotor ini tampil beda dan terkesan sangar. Itulah sepeda motor Yamaha FZ1 yang digunakan personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Jenis sepeda motor khusus yang difungsikan untuk melakukan pengawalan pada VVIP (Very Very Important Person).

Baca juga: Commando Ranger – Ranpur Lapis Baja Andalan Paspampres

Meski punya fungsi khusus, Yamaha FZ1 tidak dilengkapi senjata, namun dalam beberapa foto, terlihat pembonceng motor ini selalu menenteng varian SMG (Submachine Gun) H&K MP5 kaliber 9 mm, plus sepucuk pistol di pinggang. Dengan seragam plus rompi hitam, langsung menyiratkan mata awam akan aksi pasukan anti teror. Nah, mengenai sosok Yamaha FZ1, motor sport dengan kapasitas 998 cc ini kabarnya didatangkan secara CBU (Completely Built Up). Dirunut dari kehadirannya di arsenal Paspampres, Yamaha FZ1 ternyata tak baru-baru amat, moge (motor gede) ini sudah eksis sejak tahun 2010, artinya sudah digunakan di era Presiden SBY. Dalam melakukan pengawalan, umumnya sepasang Yamaha FZ1 berada di sisi kiri dan kanan kendaraan VVIP.

Baca juga: H&K MP5SD-2 – Senjata Serbu Kopassus dalam Operasi Woyla

Baca juga: H&K MP5K Brief Case – Aksesoris Buat Pasukan Pengawal VIP

Motor yang konon punya kemampuan khusus ini masuk dalam segmen streetfighter yang merupakan versi naked dari Yamaha R1 dan memiliki tenaga dahsyat. FZ1 mencangkok mesin berkapasitas 998 cc, empat silinder segaris, liquid-cooled, 20 katup, DOHC. Untuk pengapiannya menggunakan Digital TCI (Transistor Controlled Ignition) dengan ECU 32-bit. Menggunaan transmisi manual 6-percepatan, FZ1 mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 dk, dengan torsi maksimalnya mencapai 106 Nm. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya terbilang cukup irit untuk motor bermesin gambot, di mana konsumsinya 6,72 liter untuk jarak tempuh 100 km.

Baca juga: IMZ Ural 650 Sidecar – Ini Dia! Sepeda Motor Intai Tempur Korps Marinir TNI AL

Dari rintisannya, Yamaha FZ1 merupakan motor jalan raya yang diproduksi sejak 2001 silam. Generasi 1 dari FZ1 disebut juga dengan FZS1000 Frazer di pasaran Eropa. Rangkanya berbahan besi dengan model tubular, dan mesinnya hasil modifikasi dari Yamaha YZF-R1 yang masih menggunakan karburator. Sementara untuk model keluaran 2005, sudah disematkan catalytic converter.

Baca juga: Kawasaki D-Tracker 250 – Kuda Besi Tunggangan Pasukan Infanteri Pengaman Ibu kota

Generasi kedua FZ1 dihadirkan pada 2006, dan sepenuhnya mengusung model yang baru. Perubahan yang terjadi termasuk di bagian sasis, rangka bodi, dan mesin yang sepenuhnya baru. Akan tetapi, banyak bagian dari mesin ini masih sama persis dengan pendahulunya, YZF-R1. Rangka yang disematkan memiliki model seperti berlian dan bentuknya lebih kompak, dengan materinya kini menggunakan bahan aluminium. Di bagian mesin, perubahan terjadi pada bobot crankshaft yang menjadi lebih berat 40 persen dan keseimbangannya diperbaiki. Jika YZF-R1 menggunakan karburator, maka FZ1 sudah menggunakan injeksi. Perubahan dan perbaikan selalu dilakukan pada bagian ECU, di mana respon katup ditingkatkan pada saat mesin berada pada putaran rendah. (Sapto)

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *