Kapal Selam Kedua Pesanan Kemhan dari DSME Resmi Diluncurkan

selam-1

Meski belum diberi label nama, hari ini (24/10) pesanan kapal selam kedua Kementerian Pertahahan (Kemhan) RI dan TNI AL dari Changbogo Class resmi diluncurkan secara simbolis di Galangan Kapal Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), Okpo, Pulau Geoje, Korea Selatan. Peresmian ditandai secara simbolis dengan pemotongan tali oleh Sekjen Kemhan RI Laksamana Madya TNI Widodo didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Arie H. Sembiring.

Baca juga: SLMM Changbogo Class – Sang Ranjau Pembunuh dari Kedalaman Laut

Seperti dikutip dari situs Kemhan.go.id (24/10/2016), hadir dalam peresmian Senior Executive Vice President of DSME, Mr. Sung Geun Lee dan Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kemhan Laksamana Muda TNI Ir Leonardi serta undangan lainnya. Pemerintah Indonesia melalui Kemhan RI telah memesan tiga Kapal Selam Diesel Elektrik yaitu kelas DSME-209 untuk memperkuat Alutsista TNI AL kepada Korea Selatan melalui DSME disertai proses alih teknologi (ToT). Sebelumnya, kapal selam pertama telah diresmikan oleh Menhan RI Ryamizard Ryacudu pada tanggal 23 Maret 2016 di tempat yang sama. Seperti halnya tahapan di pengerjaan kapal selam perdana, setelah kapal dirampungkan (diresmikan), maka kapal selam selanjutnya memasuki masa uji coba, termasuk tahap sea trial.

14724601_1757306261200116_1436947903618546188_n

Baca juga: Black Shark – Akankah Jadi Torpedo Andalan di Kapal Selam Changbogo Class TNI AL?

Dari ketiga kapal selam tersebut, kapal selam pertama dan kedua dibangun secara keseluruhan di DSME, sedangkan kapal selam ketiga akan dibangun di galangan kapal nasional yakni di PT PAL oleh para tenaga ahli Indonesia. Sekjen Kemhan RI berharap, pembangunan dua unit Kapal Selam Diesel Elektrik DSME-209 sudah dapat selesai dan diserahkan kepada TNI AL pada tahun 2017. Sedangkan kapal selam ketiga yang akan dibangun di PT PAL diharapkan dapat selesai dan diserahkan pada awal tahun 2019.

kapal-selam-indonesia-changbogo-dsme-209

Baca juga: September 2016, Pabrik Kapal Selam PT PAL Mulai Beroperasi

Terkait proyek kerjasama pembangunan kapal selam ini, Sekjen Kemhan RI mengatakan bahwa melalui kerjasama ini Pemerintah RI ingin meletakan dasar kerjasama bilateral dengan negara sahabat dengan kerjasama di bidang industri pertahanan serta alih teknologi, sehingga pada akhirnya industri pertahanan dalam negeri dapat mandiri dalam membangun kapal selam di masa mendatang.

kri-403-e1462119881710

Baca juga: Konstruksi Kapal Selam Rampung, Changbogo Class TNI AL Kini Bisa Disebut Nagabanda Clas

Nagapasa, bukan Nagabanda
Sebagaimana diinfokan di artikel terdahulu disebutkan kapal selam pertama pesanan TNI AL dari DSME adalah KRI Nagabanda 403. Informasi tersebut awalnya berasal dari Wikipedia.org dan situs military-today.com. Ditambah belum ada informasi resmi dan tanggapan dari pihak TNI AL, menjadikan kabar nama KRI Nagabanda 403 tersebar di banyak media. Namun belakangan telah diketahui dengan lebih jelas, bahwa nama yang benar adalah KRI Nagapasa 403. (Bayu Pamungkas)

41 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *