CAMAR-70: Drone Copter Spesialis Penyelamatan Dini

Dalam situasi darurat bukan perkara mudah untuk memberikan pelampung penyelamat (lifebuoy) kepada korban yang tengah terapung di lautan, terlebih bila kondisi gelombang tinggi, menjadikan kapal penyelamat butuh waktu untuk mendekati lokasi korban. Sementara disisi lain, kecepatan mengambil tindakan akan berpengaruh pada keselamatan korban yang nasibnya diujung tanduk. Nah, salah satu wahana untuk memberi pertolongan dini dan langsung ke titik keberadaan korban adalah dengan memanfaatkan jasa drone copter.

Baca juga: SDO 50V2 – Ini Dia! Drone Copter Andalan BASARNAS

Drone copter (helicopter) bukan untuk menganggkat korban di lautan, tapi lebih berupa pertolongan awal untuk bisa memberikan pelampung penyelamat, sebelum para korban dihampiri oleh tim SAR. Jenis drone yang dimaksud adalah CAMAR-70 produksi PT Trimetra Wisesa Abadi. Drone dari airframe hexacopter (karena ditenagai enam motor propeller) telah diperkenalkan kepada BASARNAS. Dalam simulasi, saat kapal penyelamat menuju lokasi terjadinya kecelakaan di lautan, maka drone CAMAR-70 sudah dipersiapkan, sekiranya kapal penyelamat sudah mendekati TKP, maka drone copter ini dapat melakukan upaya pertolongan dini bila diketahui ada korban yang tengah terapung tanpa alat keselamatan yang memadai.

CAMAR-70 dapat memuat payload hingga 5 kg, atau tiga ring pelampung keselamatan dapat disiapkan untuk sekali terbang. Dengan kendali LoS (Line of Sight), CAMAR-70 dapat menjangkau jarak sejauh 1.500 meter dan ketinggian terbang maksimum 200 meter. Dengan kapasitas baterai lithium polymer 16.000 mAh, CAMAR-70 sanggup mengudara antara 15-25 menit.

Baca juga: Microdrone MD4-1000 – Drone Quadcopter Pilihan Satuan Elite TNI AL

Drone copter ini menggunakan jenis motor brushless dan material propeller dari karbon, sehingga bobot drone dapat ditekan sampai 7,5 kg. CAMAR-70 dapat terbang siang/malam dengan moda terbang semi otomatis. Sang pilot yang berada di kapal dapat memonitor situasi lewat remote 9 channel, serta visual lensa kamera HD di monitor 7 inchi. Dari spesifikasinya, CAMAR-70 dapat beroperasi mulai dari suhu -10 sampai 70 derajat Celcius, sedangkan kecepatan luncur drone ini sampai 10 meter per detik. (Gilang Perdana)

12 Comments